Kamis, 09/05/2024 19:28 WIB

Siswa SMKN 2 Kasihan Unjuk Gigi Lewat Konser Teaterikal

Para siswa dan guru SMK Negeri 2 Kasihan, Bantul, unjuk gigi lewat pentas konser teaterikal bertajuk `Memeluk Mimpi-Mimpi` yang digelar di Teater Jakarta

Siswa-siswi SMKN 2 Kasihan bermain orkestra (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Para siswa dan guru SMK Negeri 2 Kasihan, Bantul, unjuk gigi lewat pentas konser teaterikal bertajuk `Memeluk Mimpi-Mimpi` yang digelar di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM) pada Kamis (25/4) lalu.

Berkolaborasi dengan komunitas budaya Titimangsa, siswa dan guru asal sekolah musik klasik tertua di Indonesia ini menampilkan kehebatan mereka sebagai orkestra hingga bermain peran.

Tak main-main, beberapa siswa beradu peran dengan artis papan atas, mulai dari Sherina Munaf (Larasati), Mawar De Jongh (Rena), Ario Bayu, hingga Happy Salma. Tak ketinggalan, musisi Nyoman Paul juga tampil sebagai Raka.

Sherina mengatakan bahwa konser teaterikal ini berkisah mengenai suka dukanya meraih mimpi. "Ini membuat aku jadi ikut berkaca pada mimpi-mimpiku sendiri dan generasi penerus kita semua," ucap Sherina.

Sementara itu Mawar De Jongh, yang berperan sebagai Rena dalam konser musikal ini mengutarakan rasa senangnya dapat menjadi bagian dalam pertunjukan Konser Musikal `Memeluk Mimpi-Mimpi`, karena bermain dalam teater musikal merupakan salah satu impiannya sejak dulu.

Sementara itu, Nyoman menyampaikan bahwa, teater musikal dapat memberikan banyak dampak positif untuk dunia seni. "Terima kasih sudah selalu menghargai arti seni, yang saya rasa sama halnya dengan inti dari Memeluk Mimpi-Mimpi," ujar Nyoman.

Salah satu siswa SMKN 2 Kasihan, Bantul, kelas 12, Damianus Wijayanto Manalu, menyampaikan pengalaman berkesannya terlibat dalam konser musikal konser musikal kali ini.

"Walau sedikit melelahkan tapi itu prosesnya untuk mencapai cita-cita saya menjadi Tenor Indonesia sekaligus musisi yang dikenal banyak orang," kata dia.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemdikbudristek, Kiki Yuliati, menyampaikan bahwa pertunjukan konser musikal ini untuk menunjukkan talenta-talenta anak didik vokasi yang dapat tampil dengan percaya diri bersanding dengan para aktor, musisi, dan penyanyi profesional.

"Hasil pembelajaran melalui skema teaching factory yang selama ini diadaptasi sekolah telah melatih mereka sehingga siap untuk menampilkan konser yang megah,” ucap Kiki.

Dia menyebut pertunjukan ini menampilkan bakat dari 99 murid dan 14 guru SMKN 2 Kasihan, Bantul yang tampil menjadi bagian dalam orkestra, dan juga hasil kerja puluhan siswa-siswi SMK lainnya dari berbagai jurusan sebagai relawan yang turut merasakan pengalaman langsung terlibat dalam industri pertunjukan.

KEYWORD :

Konser Teaterikal Memeluk Mimpi-Mimpi Kemdikbudristek SMKN 2 Kasihan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :