Sabtu, 27/04/2024 09:19 WIB

Industri

Pertamina Pastikan Layanan SPBU Sesuai Prosedur

Guna menjaga kepuasan konsumen terhadap kualitas layanan, PT Pertamina (Persero) kini mewajibkan setiap SPBU Pertamina melakukan prosedur pemeriksaan rutin harian.

Program QQCI SPBU / Pertamina

Jakarta - Guna menjaga kepuasan konsumen terhadap kualitas layanan, PT Pertamina (Persero) kini mewajibkan setiap SPBU Pertamina melakukan prosedur pemeriksaan rutin harian.

Area Manager Communication & Relations Pertamina Jawa Bagian Barat, Yudi Nugraha, menjelaskan bahwa setiap SPBU memang diwajibkan untuk melakukan pemeriksaan setiap hari secara rutin sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Pertamina punya program Pasti Pas yang bertujuan untuk memastikan konsumen mendapatkan kualitas pelayanan terbaik di setiap outlet SPBU, baik dari sisi kualitas produk dan pelayanan serta fasilitas pendukung,” ungkap Yudi, di Jakarta, Selasa (22/11).

Adapun pemeriksaan rutin tersebut, di antaranya memastikan takaran BBM yang diterima oleh konsumen sudah sesuai dengan ketentuan. Untuk itu, Pertamina telah memiliki program sertifikasi Pasti Pas yang bekerja sama dengan TUV Rheinland dan Sucofindo.

Terkait dengan kebijakan tersebut, Pertamina Marketing Operation Region III yang menaungi wilayah operasi Jawa Bagian Barat, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten, meluncurkan inovasi baru yang diberi nama Quality Quantity Cleanliness Inspection (QQCI).

Program ini diluncurkan awal November 2016 dan bertujuan untuk memastikan proses pelayanan di SPBU Pertamina sudah sesuai prosedur dan memenuhi harapan konsumen.

QQCI kata Yudi, akan berjalan seiring dengan program audit Pasti Pas. Setiap hasil program QQCI akan diintegrasikan secara simultan dengan program audit Pasti Pas dengan maksud semua SPBU Pertamina harus lolos sertifikasi Pasti Pas dan Pasti Prima.

Sebagai permulaan, program QQCI akan baru dilaksanakan di SPBU yang berada di wilayah Jabodetabek. Pelaksanaan program QQCI dimulai dengan melakukan inspeksi rutin ke SPBU Pertamina yang dipilih secara acak setiap hari Senin sampai Jumat mulai dari pukul 09:00 - 17:00 WIB.

Dalam setiap inspeksi rutin ini, petugas QQCI akan melakukan tugasnya mulai dari pemeriksaan takaran BBM dengan menggunakan alat ukur sekaligus menilai langsung kondisi nozzle. Kemudian pemeriksaan dilanjutkan terhadap kondisi kebersihan dan kelayakan fasilitas pendukung, seperti musholla, toilet, toserba, halaman depan dan dalam SPBU serta fasilitas pendukung lainnya.

“Jika ditemukan ada yang tidak sesuai, maka tim Pertamina langsung sigap bertindak,”jelas Yudi.

Tak hanya itu saja, untuk mendapatkan feedback langsung dari konsumen, petugas QQCI akan melakukan wawancara langsung di lokasi. Dengan cara tersebut, menurut Yudi, diharapkan Pertamina dapat melakukan pengembangan pelayanan sesuai dengan harapan dari para konsumen.

Pertamina juga mengajak masyarakat turut serta melakukan pengawasan terkait pelayanan di SPBU dengan cara menghubungi Pertamina Contact Center 24 Jam di nomor 1-500-000. [yog]

KEYWORD :

Pertamina SPBU Pertamina QQCI Pertamina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :