https://www.jurnas.com/images/img/conf-Jurnas_11.jpg
Beranda News Ekonomi Ototekno Gaya Hidup Hiburan Olahraga Humanika Warta MPR Kabar Desa Terkini

Hari Pertama Uji Emisi, Sejumlah Kendaraan Bermotor Kena Tilang

Syafira | Sabtu, 02/09/2023 05:05 WIB

Uji emisi dimulai, sejumlah sepeda motor antre untuk lolos uji emisi. Jika tak lolos akan ditilang. Tilang Uji Emisi di Jakarta mulai diberlakukan. (Foto: Jurnas/TMC Polda Metro).

Jakarta, Jurnas.com- Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya mulai 1 September 2023 menerapkan adanya sanksi tilang pada kendaraan yang tidak lolos uji emisi. Salah satu titik lokasi tilang uji emisi ini ada di Terminal Blok M, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Jumat (1/9/2023), terdapat petugas melaksanakan uji emisi. Baik tenda khusus kendaraan roda dua, roda empat, maupun kendaraan berbahan bakar solar seperti truk.

"11.05 Polri Sat Lantas Jakarta Selatan gabung petugas dari Dishub dan Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan kegiatan Apel dan dilanjutkan Uji Emisi kendaraan di sekitaran Terminal Blok M Jaksel," tulis akun Twitter TMCPoldaMetro.

Baca juga :
Awas! Besok Tilang Uji Emisi Kendaraan Mulai Diberlakukan di Jakarta, Ini Besarannya

Di hari pertama penerapan tilang uji emisi ini, sejumlah sepeda motor tampak mengantre di lokasi uji emisi. Jika lolos uji emisi, pengendara bisa meneruskan perjalanannya.

Namun, apabila kendaraannya tidak lolos uju emisi maka pengendara akan dialihkan ke petugas kepolisian untuk mendapat sanksi tilang. Setidaknya ada beberapa pemotor yan disanksi tilang.

Baca juga :
Sahroni Minta Polisi Bendung Penyebaran Senpi Ilegal: Berantas Supplier

Umumnya, sepeda motor yang dikenakan penilangan tak bermasalah dengan mesin motornya. Paling banyak karena pemotor tersebut mengenakan knalpot racing atau tidak menggunakan knalpot standar.

Pelaksanaan tilang uji emisi dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Personel yang bertugas dari Sudin LH Jakarta Selatan, Satlantas Polres Jaksel, dan Sudin Perhubungan Jaksel.

Baca juga :
Diduga Pencemaran Nama Baik, Denny Sumargo Laporkan DJ Venny Hasan
(Syafira)
KEYWORD :

Uji Emisi Tilang Polda Metro Sepeda Motor