Sabtu, 27/04/2024 07:39 WIB

Viral! Marinir AS Selamatkan Bayi Lewat Kawat Berduri

Pada video yang memicu perhatian dunia tersebut terlihat bayi telepas popoknya ditarik dengan satu tangan oleh Marinir AS. Tampak di bawahnya banyak orang berkerumun.

A baby is handed over to the American army over the perimeter wall of the airport for it to be evacuated, in Kabul, Afghanistan, August 19, 2021. OMAR HAIDARI/via REUTERS

Washington, Jurnas.com - Viral video memilukan yang menunjukkan seorang Marinir AS mengangkat bayi di atas dinding kawat berduri di bandara Kabul menarik perhatian global pada Jumat (20/8).

Insiden itu terjadi di tengah kekacauan ribuan orang yang mencoba melarikan diri dari Afghanistan yang baru dikendalikan oleh Taliban.

Pada video yang memicu perhatian dunia tersebut terlihat bayi telepas popoknya ditarik dengan satu tangan oleh Marinir AS. Tampak di bawahnya banyak orang berkerumun.

Juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan Marinir diberitahu bahwa bayi tak dikenal itu sakit dan diminta untuk membantu. "Video yang Anda bicarakan - orang tua meminta Marinir untuk menjaga bayi itu karena bayinya sakit," katanya kepada wartawan.

"Jadi Marinir yang Anda lihat menjangkau melewati tembok membawanya ke rumah sakit Norwegia yang ada di bandara. Mereka merawat anak itu dan mengembalikan anak itu ke ayah anak itu. Itu adalah tindakan belas kasih karena ada kekhawatiran tentang bayi itu," sambungnya.

Namun, Kirb ymasih tidak mengetahui siapa orang tua bayi tersebut, apakah mereka telah diterima atau tidak untuk berimigrasi ke Amerika Serikat di bawah program khusus untuk warga Afghanistan yang bekerja untuk Amerika atau berisiko tinggi dari Taliban.

Sementara video tindakan itu tampaknya difilmkan secara independen, militer AS merilis beberapa foto tentara lain yang disetujui secara resmi membantu anak-anak dari orang-orang yang berharap untuk melarikan diri dari Afghanistan.

Dalam satu, seorang prajurit dengan perlengkapan tempurnya duduk dengan bayi yang diselimuti di lengannya, tersenyum pada anak itu seperti ayah dari bayi yang baru lahir, sementara rekan-rekan prajuritnya berdiri di dekatnya dengan waspada.

Di tempat lain, dua tentara wanita Amerika menggendong bayi di lengan mereka.

Yang lain lagi menggambarkan salah satu tentara AS memberikan air kepada seorang anak kecil. "Inilah Amerika yang kita butuhkan," kata anggota kongres AS dan veteran militer Peter Meijer di Twitter tentang gambar tersebut.

Hingga saat ini lebih dari 5.000 tentara AS berjaga-jaga di Bandara Kabul. Sementara pejuang Taliban leluasa berpatroli di jalan-jalan Ibu Kota Kabul.Marinir AS Selamatkan Bayi Lewat Kawat Berduri.

KEYWORD :

Amerika Serikat Kabul Keos Viral Bayi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :