Sabtu, 27/04/2024 02:11 WIB

Bandara Afghanistan Lumpuh, Lima Orang Tewas

Lima orang tewas dalam kekacauan yang terjadi di bandara Kabul, Afghanistan pada Senin (16/8), sehari setelah Taliban berhasil menjatuhkan pemerintahan Ashraf Ghani.

Kelompok Taliban menguasai ibu kota Afghanistan, Kabul (Foto: Reuters)

Kabul, Jurnas.com - Lima orang tewas dalam kekacauan yang terjadi di bandara Kabul, Afghanistan pada Senin (16/8), sehari setelah Taliban berhasil menjatuhkan pemerintahan Ashraf Ghani.

Belum diketahui penyebab para korban meninggal. Namun salah seorang pejabat Amerika Serikat (AS) menyebut bahwa pasukan Taliban menembak ke udara, di saat para calon penumpang mencoba masuk ke penerbangan militer.

Dikutip dari Reuters, tidak jelas apakah kelima orang itu ditembak atau dibunuh karena terinjak-injak. Pejabat AS di bandara belum berkenan memberikan komentar.

Tiga mayat terlihat di tanah di dekat pintu masuk bandara, berdasarkan video yang diposting di media sosial. Video itu belum diverifikasi. Saksi lain mengatakan melihat lima mayat.

Sebagaimana diketahui, Presiden Ashraf Ghani melarikan diri ke Uzbekistan di saat sekelompok Islamis memasuki Kabul hampir tanpa perlawanan. Dia beralasan ingin menghindari pertumpahan darah.

Juru bicara Taliban, Suhail Shaheen, dalam sebuah pesan di Twitter meminta para pejuang untuk tidak menyakiti siapa pun.

"Hidup, harta benda dan kehormatan tidak boleh dirampas, tetapi harus dilindungi oleh mujahidin," katanya.

Sebelumnya, Mohammad Naeem, juru bicara kantor politik Taliban, mengatakan kepada Al Jazeera TV, bahwa rakyat Afghanistan dan Taliban telah menyaksikan buah dari upaya dan pengorbanan mereka selama 20 tahun.

"Alhamdulillah, perang sudah berakhir," katanya.

Al Jazeera menyiarkan cuplikan dari apa yang dikatakan komandan Taliban di istana presiden dengan puluhan pejuang bersenjata.

KEYWORD :

Afghanistan Taliban Bandara Kabul Kisruh Kekacauan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :