Rabu, 08/05/2024 10:23 WIB

Kolaborasi Kementerian ESDM Dan DEKRANAS, Dorong Pengembangan UMKM Geopark

Kementerian ESDM berkomitmen mendorong perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM sebagai lokomotif pembangunan daerah khususnya di kawasan geopark.

Webinar DEKRANAS Goes to Geopark, Kamis (12/8).

Jakarta, Jurnas.Com - Mendorong suksesnya program geopark, pengembangan aspek-aspek Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di dalam kawasannya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Bidang Wirausaha Baru Dekranas, berkolaborasi untuk mendorong peningkatan pengelolaan geoproduk, kerajinan, kuliner yang khas di suatu kawasan geopark melalui pemanfaatan media sosial.

Badan Geologi bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menyelenggarakan rangkaian Webinar dan Pelatihan.

Kepala Badan Geologi, Kementerian ESDM, Eko Budi Lelono menyampaikan, Kementerian ESDM berkomitmen mendorong perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM sebagai lokomotif pembangunan daerah khususnya di kawasan geopark.

"UMKM sebagai salah satu komunitas yang ada di dalam geopark, memiliki arti penting dalam membangun aktivitas ekonomi di kawasan geopark. Dengan meningkatkan kreativitas dan inovasinya di bidang geoproduk, geotourism, dan geokuliner, para pelaku UMKM di kawasan geopark ini dapat bertahan dari kondisi pandemi yang belum diketahui kapan akan berakhir," kata Eko di acara Webinar DEKRANAS Goes to Geopark, Kamis (12/8).

Hal senada disampaikan Ketua Pelaksana Webinar yang juga Kepala Pusat Survei Geologi, Hendra Gunawan, pemberdayaan UMKM akan terus dilakukan Kementerian ESDM, khususnya di kawasan geopark. Pemberdayaan dilakukan dengan pendalaman materi online dan pelatihan secara langsung.

"Kementerian ESDM sudah berkomitmen untuk terus meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan yang berkelanjutan dalam masa pandemi ini. Setelah acara webinar ini, selanjutnya akan dilaksanakan pelatihan teknis dilokasi secara tatap muka langsung dikawasan UNESCO Global Geopark (UGGp)," ujar Hendra.

Penambahan wawasan dan pengayaan materi melalui webinar merupakan wujud dari komitmen tersebut yang bertujuan untuk mendorong pengembangan UMKM dikawasan geopark melalui eksplorasi geoproduk produk UMKM dikawasan geopark, peningkatan kualitas geoproduk, serta pemilihan strategi pemasaran produk yang sesuai dan adaptif.

"Kementerian ESDM telah dan akan selalu menjalin sinergi program pengembangan UMKM di kawasan geopark antara lain dengan Dewan Kerajinan Nasional, baik ditingkat pusat maupun daerah serta menjalin kerjasama dengan Kementerian atau lembaga yang lebih berkompeten dalam membidangi permasalahan UMKM," tambah Hendra.

Sementara itu, Ketua Harian II Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS) Nani Hadi Tjahjanto menegaskan, pengembangan UMKM sudah menjadi komitmen Dekranas karena hal tersebut merupakan visi dan misi dibentuknya Dekranas

"Sebagaimana visi dan misi Dekranas menjadi lembaga yang handal dalam mendukung kemandirian ekonomi indonesia, Dekranas memandang perlu mendorong semua elemen pelaku usaha kerajinan untuk lebih peduli dan kreatif di era industri 4.0 dengan pengetahuan cara berbisnis secara digital dan online melalui pembuatan website, mendayagunakan media sosial, search engine serta mendorong peningkatan penggunaan dan pemahaman digital marketing," tambah Nani.

"Melalui terobosan teknologi informasi dan komunikasi gunung sewu dan produk kerajinan harus hadir di kancah pergaulan masyarakat dunia, kita harus mampu menarik perhatian warga dunia untuk tidak hanya mengagumi tapi juga menghargai produk seni kerajinan kita geopark gunung sewu harus muncul disetiap mesin pencari atau search engine di internet," tambah Nani.

Selanjutnya Nani mengajak semua peserta webinar yang hadir untuk menjadi duta bangsa yang bertugas mengenalkan objek geopark dan produk kerajinan masyarakat di sekitar geopark agar lebih dikenal diseluruh dunia.

"Saya ingin mengajak semua hadir di webinar ini untuk menjadi duta dan diplomat yang bertugas mengenalkan geopark dan produk kerajinannya melalui photo, video dan selanjutnya diunggah melalui akun-akun sosial media kita dan kita perlu mulai bergerak menggunakan serta memanfaatkan digital marketing dengan sebaik-baiknya dengan organisasi yang rapih sehingga akan meningkatkan perhatian, meningkatkan transaksi produk-produk kerajinan kita melalui dunia maya," tutur Nani.

KEYWORD :

Kementerian ESDM Geopark Eko Budi Lelono




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :