Minggu, 19/05/2024 21:19 WIB

PM Modi Berikan Suara Hari Ini dalam Pemilu Besar-besaran Tujuh Tahap di India

PM Modi Berikan Suara Hari Ini dalam Pemilu Besar-besaran Tujuh Tahap di India

Perdana Menteri India Narendra Modi bersama Amit Shah, Menteri Dalam Negeri India dan pemimpin Partai Bharatiya Janata saat pemungutan suara di Ahmedabad, India, 7 Mei 2024. REUTERS

AHMEDABAD - Perdana Menteri Narendra Modi memberikan suara lebih awal saat India mengadakan pemilihan umum besar-besaran tahap ketiga pada hari Selasa, dan menyerukan jumlah pemilih yang besar meskipun ia memperingatkan akan panasnya musim panas.

Negara dengan populasi terpadat di dunia ini mulai memberikan suara pada 19 April dalam pemilu tujuh tahap yang mana hampir satu miliar orang berhak memilih, dan surat suara akan dihitung pada 4 Juni.

Modi sedang mencari masa jabatan ketiga berturut-turut yang jarang terjadi dalam pemungutan suara yang mempertemukan Partai Nasionalis Hindu Bharatiya Janata (BJP) melawan aliansi lebih dari dua lusin partai oposisi. Survei menunjukkan dia akan memenangkan mayoritas suara.

“Saya mengimbau seluruh warga untuk memilih dalam jumlah besar dan merayakan festival demokrasi… Kepada semua yang bekerja di cuaca panas, saya mengimbau Anda untuk menjaga kesehatan dan minum air yang cukup,” ujarnya tak lama setelah memberikan suara di rumahnya. negara bagian Gujarat.

Modi memberikan suaranya di daerah pemilihan Gandhinagar di mana orang nomor dua, Menteri Dalam Negeri Amit Shah, adalah kandidat BJP.
Mengenakan pakaian safron dan putih, Modi dikelilingi oleh ratusan pendukung dan anggota partai, menandatangani tanda tangan dan berbicara dengan anak-anak dalam perjalanan ke tempat pemungutan suara.

Dia diterima oleh Shah saat orang-orang menabuh genderang dan membunyikan lonceng.

Kampanye Modi dimulai dengan menunjukkan rekam jejak ekonomi, kesejahteraan, kebanggaan nasional, dan popularitas pribadinya.

Namun partai ini mengubah taktiknya setelah pemungutan suara tahap pertama pada 19 April dan lebih fokus untuk meningkatkan basis Hindu BJP dengan menyerang saingannya sebagai pro-Muslim, bahkan ketika survei mengatakan lapangan pekerjaan dan inflasi adalah kekhawatiran utama para pemilih.

Dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi Times Now yang disiarkan pada hari Senin, Modi mengatakan dia tidak menentang Islam atau Muslim dan ingin masyarakat memikirkan pertumbuhan masa depan mereka saat mereka memilih.

Pemungutan suara pada hari Selasa mencakup 93 kursi di 11 negara bagian dan teritori, dengan Gujarat dan Maharashtra di barat dan Karnataka di selatan memperoleh 50 kursi. Hal ini akan menyelesaikan pemungutan suara untuk 283 dari 543 kursi parlemen yang dipilih.

Pada pemilu 2019, BJP memenangkan lebih dari 70 dari 93 kursi yang diperebutkan pada hari Selasa, namun kali ini menghadapi persaingan yang lebih ketat karena partai oposisi utama, Kongres, memperoleh kekuatan di Karnataka dan mitra regionalnya terpecah di Maharashtra.

Tingkat partisipasi pemilih masing-masing sebesar 66,14% dan 66,71% pada dua fase pertama, sedikit lebih rendah dibandingkan fase serupa lima tahun lalu, dengan para analis menyalahkan panasnya musim panas dan kurangnya satu isu kuat yang dapat memotivasi pemilih.

Komisi Pemilihan Umum telah meningkatkan kampanye untuk mendorong masyarakat memilih sambil berkonsultasi dengan pejabat cuaca dan lembaga kesehatan dan manajemen bencana untuk menangani dampak gelombang panas pada pemungutan suara hari Selasa.

“Kondisi cuaca diperkirakan berada dalam kisaran normal,” katanya dalam sebuah pernyataan menjelang pemungutan suara, dan menyerukan para pemilih untuk “datang dalam jumlah yang lebih besar di TPS dan memilih dengan penuh tanggung jawab dan kebanggaan”.

Hal ini juga mendorong kesadaran pemilih untuk meningkatkan partisipasi melalui pesan dan lagu selama pertandingan kriket Liga Utama India, peringatan Facebook, pengumuman di stasiun kereta api dan penerbangan, pesan tentang tiket kereta api, kantong susu, di pompa bensin, dan film serta lagu di bioskop.

Aplikasi musik Spotify telah membuat "playlist pemilu" untuk memotivasi pemilih, dan selebriti digunakan untuk menyampaikan permohonan melalui iklan radio dan TV, katanya.

KEYWORD :

Pemilu India PM Modi Bakal Menang Lagi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :