Sabtu, 27/04/2024 15:42 WIB

Mobil

Toyota Land Cruiser 70 Series Kini Kian Modern

Bila Anda pernah melihat Toyota Land Cruiser J200 yang terkesan `jadul`, jangan berprasangka buruk dulu bahwa mobil yang jago melibas medan off-road ini juga berteknologi kuno.

Toyota Land Cruiser / Toyota

Sydney - Bila Anda pernah melihat mobil Toyota Land Cruiser J200 yang terkesan `jadul`, jangan berprasangka buruk dulu bahwa mobil yang jago melibas medan off-road ini juga berteknologi kuno.

Toyota Land Cruiser 70 Series memang memiliki desain yang itu-itu saja selama 32 tahun, dan tetap dipasarkan di sejumlah negara, tak terkecuali di Indonesia. Mobil ini kebanyakan dipakai untuk kendaraan pengangkut penumpang di kawasan pertambangan, sebagai mobil ambulans atau bahkan kendaraan penunjang tempur di medan perang.

Sebagai salah satu model yang diandalkan untuk bersaing di segmen kendaraan khusus medan berat, Toyota ternyata tak pernah kelupaan untuk membekali beragam fitur terkini sesuai dengan tahun produksinya. Sebagai informasi, seperti dilansir Toyota Australia dalam laman resminya, Land Cruiser 70 Series telah mengalami rekayasa ulang pada sasis untuk varian single cab, yang membuat kendaraan ini menyabet peringkat keselamatan lima bintang ANCAP.

Jika Anda masih belum terkesan dengan kemampuannya, Toyota juga membenamkan kerangka yang lebih besar serta lebih kuat, selain juga penambahan airbag. Selain itu, ada 12 pembaruan pada sejumlah panel bodi, yang tentunya kini lebih tebal, serta dilengkapi dengan tempat duduk depan berdesain baru. Pembaruan itu juga mencakup peningkatan peranti keselamatan, seperti paket fitur keselamatan yang dikendalikan sepenuhnya secara elektronik.

Meski masih bertampang jadul, Toyota tetap `pede` membawa 70 Series memasuki abad ke-21 berkat keberadaan sejumlah teknologi atau fitur terkini, meliputi stability control (VSC), active traction control (A-TRC), hill-start assist control (HAC), brake assist dan electronic brake-force distribution.

Bicara dapur pacunya, 70 Series dibekali mesin 4.5 liter turbo-diesel V8 bertorsi tinggi. Mesin ini juga dilengkapi dengan piezo-electric injector dan filter partikulat diesel, yang mempau mengurangi konsumsi bahan bakar sebesar 10,1 persen. Mesin tersebut sanggup memuntahkan tenaga 202 hp dan torsi 430Nm (317 lb-ft), dengan konsumsi bahan bakar mencapai 10,7 liter/100km.

Saat ini, Land Cruiser 70 Series versi anyar ini baru ditawarkan di Australia, dengan banderol harga mulai dari AUS$62.490 atau sekitar Rp 618 jutaan untuk varian single cab. [yog]

KEYWORD :

Toyota Land Cruiser J200 Jeep Toyota




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :