Jum'at, 26/04/2024 07:10 WIB

Sylviana Murni: Almarhum Surjadi Soedirdja Sosok yang Religius

Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni menilai, mantan Gubernur DKI Jakarta periode 1992-1997, Almarhum Jenderal TNI Kehormatan Surjadi Soedirdja, sebagai sosok yang religius.

Ketua Komite III DPD RI, Sylviana Murni

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Komite III DPD RI Sylviana Murni menilai, mantan Gubernur DKI Jakarta periode 1992-1997, Almarhum Jenderal TNI Kehormatan Surjadi Soedirdja, sebagai sosok yang religius.

Perempuan yang akrab dipanggil Mpok Silvy ini mengaku, banyak kesan yang dirasakan saat almarhum menjabat Gubernur DKI. Salah satunya adalah kebiasaan berpuasa sunah setiap Senin dan Kamis.

"Saya mengikuti kebiasaan beliau yang selalu puasa sunah Senin dan Kamis. Beliau juga orang yang sangat tegas, tidak pandang bulu dengan siapa saja," ujar Sylvi yang pernah menjabat Wali Kota Jakarta Pusat ini.

Saat Almarhum Surjadi Soedirdja menjabat Gubernur DKI, jelas Silvy, dirinya dipercaya untuk menjabat Kepala Biro Bina Sosial DKI. Saat itu, dirinya adalah perempuan pertama yang menduduki jabatan itu.

Disebutkan Silvy, Almarhum Surjadi Soedirdja merupakan sosok yang sangat disiplin, tidak pernah terlambat bekerja. Kemudian bicara seperlunya, langsung pada intinya.

Kemudian saat menjabat Mendagri, lanjut Silvy, Almarhum yang membawa dirinya bisa ikut berpidato di gedung PBB New York. Karena saat menjabat Kepala Biro Bina Sosial DKI, salah satu tugasnya adalah membawahi bidang pemberdayaan perempuan.

"Yang paling mengesankan saya, tanggal lahir beliau 11 Oktober, sama dengan saya, cuma beda usia terpaut 19 tahun. Artinya sifat dan sikap beliau mungkin agak sama dengan saya," lanjut Sylvi, usai mengikuti prosesi pemakaman di TMP Kalibata.

Silvy merasa yakin dan percaya, kalau almarhum merupakan orang yang sangat baik dan patut menjadi tauladan.

"Insya Allah beliau husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan juga penuh ketabahan. Juga bersyukur mempunyai seorang imam seperti Bapak Surjadi," tandasnya.

KEYWORD :

Warta DPD Komite III DPD Sylviana Murni




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :