Jum'at, 26/04/2024 23:31 WIB

Faruq Ibnul Haqi Siap Bawa PPI Dunia Songsong Indonesia Emas 2045

Calon koordinator nomor urut 01 Faruq Ibnul Haqi dari PPI Australia lebih diunggulkan. Faruq saat ini adalah mahasiswa S3 dalam bidang Urban and Regional Planning.

Faruq Ibnul Haqi (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) sedang melangsungkan Pemilihan Raya (Pemira) dan saat ini telah memasuki masa kampanye. Puncaknya yaitu pada tanggal 30 Juli 2021 akan diadakan pemilihan siapa koordinator PPID yang akan terpilih. Para kandidat sedang berusaha untuk mendapatkan dukungan dari PPI Negara.

Terdapat dua kandidat yang sedang kontestasi untuk menjadi nahkoda PPID. Namun hingga berita ini diturunkan, calon koordinator nomor urut 01 Faruq Ibnul Haqi dari PPI Australia lebih diunggulkan. Faruq saat ini adalah mahasiswa S3 dalam bidang Urban and Regional Planning.

Melihat dari visi misi dan program yang disampaikan dalam debat pertama, calon nomor urut 01 Faruq Ibnul Haqi lebih diunggulkan dari calon nomor urut 2 karena membawa visi untuk turut serta kontribusi dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

Visi yang ditawarkan yakni `Gotong royong berkelanjutan untuk merevitalisasi peran PPI Dunia sebagai pusat laboratorium terintegrasi para cendekia PPI Negara dan PPID Kawasan yang mampu berkontribusi untuk mendorong bonus demografi menjadi bonus ekonomi menuju Indonesia Emas 2045`.

Indonesia saat ini tengah mengalami bonus demografi yang ditandai dengan banyaknya penduduk usia muda dan produktif. Bonus demografi itu sudah seharusnya segera dioptimalkan dengan investasi lebih besar pada pengembangan Sumber Daya Manusia (Human Capital Development). Dari sinilah Faruq sebagai Calon Koordinator memiliki keniatan hati untuk membawa PPI Dunia untuk turut serta dalam kontribusi menuju Indonesia Emas 2045.

Senada dengan Tim Sukses dari calon nomor urut 01, Faruq saat ini lebih diunggulkan dikarenakan Faruq lebih matang dan kaya akan pengalaman organisasi. Ini adalah modal besar untuk seorang leader dan sangat dibutuhkan untuk menjadi nahkoda PPI Dunia. Dengan kematangannya dalam berorganisasi, penyusunan visi misi dan program yang ditawarkan lebih terukur dan realistis untuk diimplementasikan.

"Selain itu juga, anggota PPI Dunia merupakan sebuah asset yang harus bisa bermanfaat untuk memberikan kontribusi besar pada pencapaian tujuan pembangunan nasional secara keseluruhan. Dalam konteks demikian, sudah seyogyanya PPI Dunia turut hadir dalam mewujudkan impian Indonesia Emas 2045," kata salah satu Tim Sukses Faruq.

Selain itu juga, Faruq dalam program unggulan High-Five ini akan menyasar ke lima prioritas yakni Social and Community Development; Organization and Human Capital Development; Research and Strategic Input Policy Development; Education, Culture, and Talent Development; dan Business Incubator Development.

Program unggulan High-Five tersebut juga disusun agar turut berkontribusi dalam Misi Pembangunan Nasional. Dalam implementasi program unggulanya tersebut, Faruq berencana PPI Dunia kedepannya akan bersinergi dengan semua elemen. Salah satu langkahnya yaitu dengan konsep pendekatan pentahelix yang mana nantinya PPI Dunia akan berkolaborasi dan bersinergi dengan kelima unsur pentahelix yakni Pemerintah, Universitas, Industri, Media dan Komunitas.

Ditambahkan lagi oleh Tim Sukses calon nomor urut 01, sangat wajar Ketika Faruq lebih diunggulkan dalam bursa pencalonan coordinator PPI Dunia periode 2021-2022 saat ini. Selain visi misi dan program yang sangat Indonesia, calon nomor urut 01 yang saat ini juga menjabat sebagai wakil koordinator PPI Dunia Kawasan Asia Oseania ini yang dalam masanya selalu menekankan akan pentingnya inklusivitas dalam organisasi.

"Tidak ada PPI besar dan tidak ada PPI kecil, semua sama dan memiliki peran maupun kontribusi yang sama untuk turut serta dalam kemajuan Indonesia. Inklusivitas dan tidak adanya sekat maupun ego Kawasan sangat diperlukan untuk PPI Dunia saat ini," pungkasnya.

KEYWORD :

PPI Dunia Perhimpunan Pelajar Indonesia Faruq Ibnul Haqi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :