Jum'at, 26/04/2024 13:12 WIB

Sertifikat Vaksinasi COVID-19 Palsu untuk Dijual di Meksiko

Di daerah distrik bersejarah yang terkenal dengan pencetak dan pemalsunya, layanan baru telah muncul di samping dokumen yang mengaku sebagai akta kelahiran, SIM, dan paspor.

Pelancong maskapai penerbangan menunggu untuk melewati pemeriksaan imigrasi di Bandara Internasional Dubai di Uni Emirat Arab pada 25 Agustus 2016. Ilustrasi (Robert Nickelsberg / Getty Images)

Meksiko City -  Pertama ada vaksin palsu. Sekarang sertifikat imunisasi virus corona palsu sedang ditawarkan untuk dijual di ibu kota Meksiko, yang ditujukan untuk orang-orang yang bepergian ke negara-negara yang memerlukan bukti inokulasi.

Di daerah distrik bersejarah yang terkenal dengan pencetak dan pemalsunya, layanan baru telah muncul di samping dokumen yang mengaku sebagai akta kelahiran, SIM, dan paspor.

Pelanggan untuk sertifikat vaksinasi COVID-19 palsu biasanya adalah orang yang ingin bepergian tetapi belum diimunisasi secara lengkap, atau yang menerima vaksin yang tidak dikenal di negara yang akan mereka kunjungi, kata vendor.

"Kalau mereka divaksinasi dengan suntikan China, di sini kita ganti untuk Pfizer atau Sputnik V," kata pria yang menyebut namanya Cris itu.

Tidak terpengaruh oleh kehadiran petugas polisi di dekatnya, dia memberi tahu calon pelanggan bahwa harganya berkisar antara 1.100 hingga 2.000 peso Meksiko (US$55 hingga US$100), menurut seorang reporter AFP.

"Dalam dua jam Anda akan mendapatkan dokumen itu," tambahnya, sebagian wajahnya tertutup masker, saat ia bekerja di distrik Santo Domingo.

Kementerian kesehatan Meksiko baru-baru ini mengumumkan bahwa orang yang telah divaksinasi dapat mengunduh sertifikat imunisasi secara gratis melalui situs web resmi untuk digunakan saat bepergian atau dalam situasi lain.

Sekitar 21 juta orang telah divaksinasi lengkap di Meksiko, negara berpenduduk 126 juta, yang telah menggunakan suntikan Pfizer-BioNTech, AstraZeneca, Sinovac, Cansino, Sputnik V, dan Johnson & Johnson.

Sertifikat resmi memiliki kode QR yang mengarahkan siapa pun yang memindainya ke halaman pemerintah yang mengonfirmasi bahwa pemegangnya telah diimunisasi penuh.

Para pemalsu menawarkan untuk mengutak-atik kode itu, tetapi apakah itu benar-benar berfungsi tidak jelas.

Untuk menipu sistem akan memerlukan tingkat pengetahuan teknologi tertentu sehingga orang yang memeriksa sertifikat diarahkan ke situs web pemerintah palsu, kata spesialis keamanan siber Carlos Ramirez.

Secara teori, katanya, adalah mungkin untuk memuat setiap QR dengan data yang diminta oleh pelanggan - tugas yang menantang tetapi bukan tidak mungkin bagi penjahat cyber.

Kementerian kesehatan Meksiko tidak menanggapi permintaan informasi tentang protokol keamanan digitalnya dan tindakan apa yang direncanakannya untuk menanggapi pemalsuan.

Ini bukan kegiatan penipuan pertama yang terkait dengan pandemi di Meksiko, di mana Pfizer mengatakan pada bulan April vaksin palsu telah ditemukan untuk dijual dengan nama mereknya.

Di Santo Domingo, tes laboratorium palsu dengan hasil negatif COVID-19 juga dijual dengan harga sekitar US$30.

Pemalsuan dokumen resmi membawa hukuman penjara empat hingga delapan tahun di Meksiko, yang jumlah kematian resmi virus corona lebih dari 235.000 adalah yang tertinggi keempat di dunia. (AFP)

KEYWORD :

Sertifikat Vaksinasi COVID-19 Palsu Meksiko




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :