Jum'at, 26/04/2024 14:03 WIB

Atasi Kekurangan Nakes, DPR Usul Pemerintah Permudah Kelulusan Mahasiswa Kedokteran

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena mengusulkan pengerahan tenaga kesehatan untuk merawat para pasien Covid-19.

Wakil Ketua Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Golkar, Emanuel Melkiades Laka Lena. (Foto: Parlementaria)

Jakarta, Jurnas.com - Kasus Covid-19 yang terus meningkat belakangan mengharuskan pemerintah untuk berpikir soal pengerahan tenaga kesehatan.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Emanuel Melkiades Laka Lena mengusulkan pengerahan tenaga kesehatan untuk merawat para pasien Covid-19. 

“Kita harus memikirkan pola yang lebih bisa bergerak baik di lapangan bagaimana agar tenaga kesehatan yang ada hari ini bisa semua dikerahkan,” kata Melki dalam pesan singkat kepada wartawan, Sabtu (10/7).

Pengerahan kekuatan ini, lanjut dia, bisa berupa mendorong usia produktif dan tidak punya komorbid untuk mengisi kekurangan tenaga kesehatan, khususnya nakes yang sudah lulus dari berbagai kampus, dokter baru lulus, bidan, perawat, dan lulusan farmasi.

Politisi Golkar ini juga mengusulkan agar para lulusan di bidang kesehatan tersebut dipermudah surat izin berpraktiknya. Tujuannya, supaya mereka bekerja membantu pelayanan Covid-19 maupun non Covid-19. 

“Itu harus dipermudah melalui kerja sama Kemenkes, Kemendikbud, dan organisasi profesi masing-masing agar nakes baru lulus bisa dimudahkan,” kata Melki.

Dia menambahkan, mahasiswa fakultas kedokteran, kesehatan, farmasi, perawat, bidan yang kini berada di tingkat akhir juga perlu disiapkan menjadi tenaga kesehatan cadangan. 

“Saat ini dalam kondisi negara memanggil. Sehingga, mereka harus menyiapkan diri untuk membantu penanganan Covid-19 maupun pelayanan kesehatan lainnya,” demikian Emanuel Melkiades Laka Lena.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena Tenaga Kesehatan Covid-19 Mahasiswa Kedokte




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :