Kamis, 09/05/2024 17:13 WIB

Jadi Sentra Vaksinasi, Kalbis Institute Target 3.000 Penerima

Sentra vaksinasi Kalbis Institute yang memanfaatkan vaksin Sinovac, menargetkan 3.000 penerima termasuk tenaga pendidik, mahasiswa, serta korporasi.

Sentra Vaksinasi Kalbis Institute (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kalbis Institute membantu upaya pemerintah mempercepat program vaksinasi Covid-19, dengan menggandeng Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L).

Sentra vaksinasi Kalbis Institute yang memanfaatkan vaksin Sinovac, menargetkan 3.000 penerima termasuk tenaga pendidik, mahasiswa, serta korporasi.

Raymond Christanto selaku panitia penyelenggara menjelaskan, program vaksin ini berjalan dalam kurun waktu empat hari dan terbagi menjadi dua sesi.

"Kita membagi program vaksin ini di pagi hari dan siang hari guna meminimalisir terjadinya kerumunan, untuk mengikuti protokol yang dianjurkan oleh pemerintah," jelas Raymond pada Selasa (6/7).

Adapun syarat untuk menerima vaksin ini ialah berusia 18 tahun ke atas dan menunjukkan KTP, dan dengan tetap mempertimbangkan ketersediaan vaksin di daerah.

"PSentra Vaksinasi di Kalbis ini menargetkan 3.000 orang dalam kurun waktu empat hari. Harapannya kami bisa mencapai jumlah tersebut agar semua orang dari berbagai kalangan bisa divaksin demi mengejar percepatan," papar dia.

Para calon penerima vaksin Covid-19 nantinya akan melalui proses assessment dan verifikasi data terlebih dahulu. Setelah menerima vaksin, mereka lantas akan menjalani observasi sebelum akhirnya diperbolehkan pulang.

Vaksin dan logistik vaksinasi Covid-19 yang dialokasikan dan didistribusi pada setiap termin, bisa dimanfaatkan untuk pemberian vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua bagi yang memerlukan dan datang ke tempat pelayanan vaksinasi.

Rektor i3L Iwan Surjawan mengungkapkan, baksinasi Covid-19 membutuhkan dua kali dosis injeksi. Yang pertama untuk memicu respons imun, dan yang kedua untuk respons imun yang dikembangkan.

"Jangka waktu vaksin Covid-19 Sinovac dosis pertama ke dosis kedua adalah 28 hari, diharapkan sebelum pemberian dosis kedua, masyarakat tetap menjaga protokol karena dibutuhkan waktu berminggu-minggu bagi tubuh untuk membangun antibodi setelah divaksinasi," kata Iwan.

Iwan berharap, dengan adanya vaksinasi ini tubuh lebih kuat terhadap paparan virus Covid-19. Sehingga apabila tetap tertular, sakitnya ringan dan tidak mengalami gejala berat.

"Antusiasme masyarakat terhadap penyelenggaran program vaksin Covid-19 ini juga tergolong tinggi, sejak pukul 08.00 WIB, masyarakat sudah berduyun-duyun datang mengantri bergiliran untuk mendapatkan vaksin," jelasnya.

Naik Henokh Parmenas selaku Rektor Kalbis Institute berharap dengan adanya Kalbis Sentra Vaksinasi ini bisa menjadi salah satu pilar penting dalam penanganan Covid-19, dan pemulihan setelah pandemi khususnya dalam bidang pendidikan dan ekonomi di Indonesia.

Penanganan Covid-19 tidak bisa dijalankan sendiri, semua pihak termasuk Kalbis Institute sebagai penyedia pendidikan tinggi berkualitas, berkomitmen untuk berkontribusi penuh dalam penanganan Covid-19 ini termasuk dalam proses pemulihan setelah pandemi ini.

Raymond menambahkan dengan kegiatan vaksinasi ini, Kalbis Institute berharap dapat membentuk herd immunity atau kekebalan kelompok, sebagai perlindungan bagi para lansia serta orang yang belum divaksin.

"Kami berharap agar dapat mempercepat herd immunity untuk melindungi masyarakat dengan vaksin, bukan dengan memaparkan patogen penyebab penyakit. Besar harapan kami agar para masyarakat tetap menjaga jarak selama proses vaksinasi ini, karena antibodi baru akan terbentuk sempurna dan bekerja dengan baik melawan paparan virus covid pada hari ke-28," tutur Raymond.

Peran Sentra Vaksinasi ini, tidak hanya melibatkan Kalbis Institute dan i3L saja, akan tetapi bekerjasama dengan beberapa instansi lainnya.

Kalbis Institute sendiri berada di bawah Yayasan Pendidikan KALBE yang memiliki tiga tingkatan program kuliah yaitu diploma, sarjana dan magister. Program kuliah yang ditawarkan oleh Kalbis Institute ini lebih berfokus kepada ilmu-ilmu sosial.

Sedangkan Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L),merupakan institusi pendidikan dan penelitian yang didedikasikan untuk penyelenggaraan pendidikan dan penelitian dengan fasilitas-fasilitas satelit untuk penelitian laut, hutan, dan kesehatan serta jaringan internasional yang terdiri dari pengajar dengan standar Internasional.

KEYWORD :

Sentra Vaksinasi Kalbis Institute Vaksin Covid-19 Raymond Christanto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :