Jum'at, 10/05/2024 23:22 WIB

DPR Minta OJK Beri Solusi Sulitnya Mencairkan Dana Klaim Asuransi

Anggota Komis XI DPR RI Wihadi Wiyanto meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat memberikan solusi pasti terhadap berbagai macam aduan nasabah terkait klaim kepada asuransi.

Anggota Komisi XI DPR RI, Wihadi Wiyanto

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komis XI DPR RI Wihadi Wiyanto meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat memberikan solusi pasti terhadap berbagai macam aduan nasabah terkait klaim kepada asuransi.

Hal ini disampaikan Wihadi menyikapi adanya 2.600 pengaduan mengenai asuransi per Juni 2021, dimana 40 persen pengaduan itu terkait kesulitan nasabah dalam mencairkan klaimnya.

"Apabila OJK tidak bisa memberikan satu solusi, maka perlu adanya satu evaluasi dan juga konsentransi daripada pihak OJK untuk dapat menyelesaikan atau setidaknya memilah kasus-kasus di asuransi dengan baik," kata Wihadi saat dihubungi, Selasa (6/7/2021).

Politikus Gerindra ini menuturkan, selama ini OJK selalu menyediakan kotak pengaduan bagi masyarakat jika ada persoalan perbankan terkait masalah keuangan. Namun, jika dengan adanya kotak tersebut tanpa adanya satu solusi konkret maka mustahil aduan tersebut dapat terselesaikan.

"Kalau melihat sudah ada bahwa kotak pengaduan. Artinya, OJK itu harus berpihak kepada rakyat, kalau hanya ada kotak pengaduan tanpa ada solusi itu hanya memberikan harapan palsu kepada rakyat. Disini, artinya rakyat sebagai nasabah tidak bisa dilindungi. Tapi justru industri yang di lindungi kalau solusi itu tidak bisa didapat oleh para pengadu," ujar Legislator dari Jatim XI meliputi Bojonegoro dan Tuban ini.

Oleh sebab itu, Wihadi menyarankan, OJK harus membuat aturan terhadap asuransi-asuransi tersebut. Menurutnya, investasi dari perusahaan asuransi ini harusnya diawasi dengan sebaik-baiknya.

"Jadi kembali lagi bahwa dari kasus-kasus asuransi ini, OJK  harus memberikan solusi. Jadi jangan hanya melakukan inventarisasi tapi tidak menyelesaikan permasalahan itu dengan adanya aduan-aduan itu," tegas Wihadi.

KEYWORD :

Komisi XI DPR Dana Klaim Asuransi Otoritas Jasa Keuangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :