Jum'at, 26/04/2024 14:25 WIB

Aksi Mogok Makan Tahanan Palestina Masuki Hari ke-62 di Penjara Israel

Tahanan Palestina yang mogok makan, Al-Ghadanfar Abu Atwan telah memasuki hari ke-62 pemogokan sebagai protes atas penahanan administratif oleh tentara pendudukan

Ghadanfar Abu Atwan ditangkap pada Oktober 2020 dan ditahan di bawah penahanan administratif oleh otoritas pendudukan Israel sejak itu, ia melancarkan mogok makan yang menyerukan pembebasannya pada awal Mei 2021 [QudsNen/Twitter]

Jakarta, Jurnas.com - Tahanan Palestina yang mogok makan, Al-Ghadanfar Abu Atwan telah memasuki hari ke-62 pemogokan sebagai protes atas penahanan administratif oleh tentara pendudukan. Dia mengumumkan kemarin bahwa dia sekarang akan tidak minum air.

Abu Atwan yang berusia dua puluh delapan tahun memulai pemogokannya pada 5 Mei dan sejak itu menolak segala bentuk makanan atau suplemen.

Menyoroti kasusnya, Liga Arab memperingatkan Israel tentang dampak berbahaya karena melanggar hak-hak dasar para tahanan.

Dalam sebuah pernyataan, Asisten Sekretaris Jenderal dan Kepala Sektor Wilayah Arab Palestina dan Pendudukan di Liga Arab, Dr Saeed Abu Ali, mengecam pendudukan Israel karena terus-menerus mengabaikan hak untuk hidup dan standar hukum kemanusiaan" untuk tahanan Palestina yang dipenjara.

Dia meminta organisasi internasional dan regional untuk menekan Israel untuk membebaskan dan menyelamatkan nyawa tahanan yang mogok makan, Abu Atwan dan Eyad Harbiyat, sebelum terlambat.

Eyad Harbiyat telah ditahan di tahanan pendudukan sejak tahun 2002 dan menderita gangguan saraf yang parah. Menurut kantor berita Wafa, dia baru-baru ini menjalani operasi di sebuah rumah sakit Israel untuk mengangkat tumor dari dadanya.

Menurut Perhimpunan Tahanan Palestina (PPS), sekitar 95 persen tahanan Palestina di Israel mengalami perlakuan buruk atau penyiksaan selama penahanan dan interogasi mereka.

"Penggunaan penahanan administratif oleh Israel – pemenjaraan tanpa tuduhan atau pengadilan – terhadap warga Palestina melanggar konvensi internasional dan standar internasional lainnya untuk hak atas pengadilan yang adil,” kata PPS,

Mereka menambahkan bahwa tahanan administratif secara rutin ditolak kunjungan keluarga dan hak-hak lain yang harus diberikan kepada mereka di bawah hukum.

Sejak Israel memulai pendudukan militernya pada tahun 1967 , ia telah memenjarakan hampir 800.000 warga Palestina. Sekitar 4.500 ditahan saat ini, lebih dari 350 di antaranya ditahan sebagai tahanan administratif.

KEYWORD :

Tahanan Palestina Mogok Makan Penjara Israel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :