Sabtu, 27/04/2024 07:55 WIB

DPR Minta Kominfo Kontrol Informasi Pandemi Covid-19

Politikus partai Gerindra berharap, informasi terkait perkembangan Covid-19 yang tersebar di publik adalah benar didasarkan pada data dan informasi dari sumber yang valid serta dari lembaga yang kridibel.

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Gerindra, Yan Permenas Mandenas. (Foto: Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota Komisi I DPR, Yan Permenas Mandenas meminta agar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) lebih proaktif dan bersinergi dengan Satgas Covid-19 atau Satuan tugas lainnya, untuk mengontrol perkembangan dan penyebaran informasi terkait penyebaran Covid-9 dan varian barunya.

Politikus partai Gerindra itu berharap, informasi terkait perkembangan Covid-19 yang tersebar di publik adalah benar didasarkan pada data dan informasi dari sumber yang valid serta dari lembaga yang kridibel.

“Publik perlu memiliki informasi yang benar terkait jenis perkembangan virus serta klasifikasi dampaknya secara baik dan komprehensif,” kata Yan, kepada wartawan, Jakarta, Senin (5/7).

Menurut Yan, jangan sampai apa yang beredar di publik hanya berdasarakan pada spekulasi-spekulasi liar serta opini yang tidak bisa dipertanggungjawabkan, dan dibiarkan tanpa kendali.

Anggota DPR RI Dapil Papua ini meminta agar Kominfo beserta jajaranya lebih berperan aktif memantau sumber informasi yang beredar serta memastikan bahwa bukan informasi hoax sehingga berpotensi menimbulkan kepanikan dan ketakutan yang tidak perlu.

“Publik membutuhkan informasi terkait perkembangan Covid-19 secara benar agar lebih waspada dan serius melakukan protokol kesehatan. Karena itu, semua informasi yang beredar harus akurat dan teruji,” tegasnya.

Selain itu, Yan juga meminta Kominfo dapat membangun komunikasi intensif dengan semua media pemberitaan, baik cetak maupun elektronik, dan serta kelompok pengguna media sosial agar ikut mendorong meningkatkan kesadaran serta disiplin masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan.

“Peran sosialisasi media harus lebih ditingkatkan oleh Kementerian terkait. Menurutnya, disiplin warga dalam menjalankan protokol kesehatan akan ikut menekan laju penyebaran covid-19, termasuk jenis varian baru lainnya,” terang Yan.

Di luar itu, kata Yan, peran media perlu didorong oleh Kominfo, agar ikut berpartisipasi, melalui pemberitaan dalam menyukseskan pelaksanaan vaksinasi nasional.

“Target vaksinasi harian oleh pemerintah harus dicapai agar ketahanan masyarakat kita bisa segera terbentuk. Karena itu, kesadaran publi mengenai pentingnya vaksinasi harus bisa didorong melalui pemberitaan dan informasi,” kata Yan.

Yan berharap, melalui tingkat kesadaran tinggi, komitmen disiplin masyarakat menerapkan protokol kesehatan serta partisipasi yang luas dalam mengikuti vaksinasi, bangsa Indonesia bisa segera keluar dari kubangan dan masa-masa sulit menghadapi Covid-19 ini.

KEYWORD :

Warta DPR Komisi I DPR Yan Mandenas Kominfo Pandemi Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :