Sabtu, 27/04/2024 17:43 WIB

10 Pernyataan Kontroversial Donald Trump

Trump berkeinginan adanya pengawasan di masjid-masjid Amerika Serikat dan kaum Muslim harus diawasi penegak hukum

Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat menggantikan Barack Obama, setelah pada pemilihan presiden hari ini waktu Indonesia meraih suara yang melewati batas lebih dari 270 suara dibandingkan rivalnya, Hillary Clinton.

Namun kemenangan ini banyak pihak kaget, karena Trump semasa kampanye selalu membuat pernyataan kontroversial. Berikut 10 pernyataannya:

1. Trump berkeinginan adanya pengawasan di masjid-masjid Amerika Serikat dan kaum Muslim harus diawasi penegak hukum sebagai program kontra terorisme dan tidak peduli bila dianggap pengawasan masjid langkah yang tak tepat secara politik.

2. Menyangkut tahanan terorisme,  harus menggunakan waterboarding atau penyiksaan tahanan dengan menenggelamkan kepala  untuk memerangi kelompok yang menyebut diri Negara Islam atau ISIS. Trump menyatakan, metode ini sebagai "kacang" bila dibandingkan dengan taktik yang digunakan militan, seperti pemenggalan.

3. Memerangi ISIS, Trump akan membom keluar. Dia mengklaim tidak ada calon lain yang lebih keras terhadap ISIS dan dia akan memperlemah militan dengan memotong jalur minyak.

4. Akan dibangunnya tembok raksasa antara Amerika dan Meksiko. Tujuannya  agar imigran gelap tak masuk termasuk imigran Suriah. Alasannya, warga Meksiko yang masuk ke Amerika sebagian besar adalah penjahat karena dianggap membawa obat bius, penjahat dan mereka adalah pemerkosa.

5. Akan dilakukan deportasi massal sekitar 11 juta imigran ilegal yang tinggal di Amerika Serikat. Pernyataan ini dikritik dan dianggap berlebihan. Tidak hanya itu, Trump juga akan mengakhiri hak kewarganegaraan karena lahir di Amerika.

6. Antara Trump dan Vladimir Putin akan mudah melakukan negosiasi. Dirinya akan menjaga hubungan itu dibandingkan Presiden sebelumnya.

7. Untuk China, Trump akan membebani sejumlah isu agar perdagangan dengan Amerika Serikat lebih berimbang. Ia akan membuat Cina menghentikan langkah mengurangi nilai mata uangnya dan memaksa Beijing meningkatkan standar lingkungan dan buruh.

8. Trump mengatakan, perubahan iklim hanya kepalsuan dan pembatasan lingkungan akan mengurangi persaingan pasar global.

9. Trump berkesan menghormati mantan presiden Saddam Hussein dan Muammar Gaddafi yang selama ini dianggap musuh Amerika Serikat. Katanya, dunia akan lebih baik bila Saddam Hussein dan Muammar Gaddhafi masih berkuasa.

10. Trump percaya diri bahwa dirinya orang baik yang percaya bahwa dengan kebaikannya akan besemangat dan bertekad menjadi Amerika Serikat menjadi kembali besar."

KEYWORD :

Pemilu AS Donald Trump Presiden Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :