Jum'at, 26/04/2024 13:19 WIB

91 Persen Anak-anak Gaza Alami Trauma Psikologis Pasca Agresi Israel

Sembilan dari sepuluh anak di Jalur Gaza saat ini menderita beberapa bentuk trauma terkait konflik setelah serangan militer Israel 

Ilustrasi anak-anak Gaza (foto: Middleeast)

Jakarta, Jurnas.com - Sembilan dari sepuluh anak di Jalur Gaza saat ini menderita beberapa bentuk trauma terkait konflik setelah serangan militer Israel berakhir lebih dari sebulan yang lalu.

Sebuah laporan hak asasi manusia yang diterbitkan pada hari Jumat mengungkapkan bahwa 91 persen anak-anak di Jalur Gaza telah menderita trauma psikologis setelah agresi Israel terbaru Mei lalu.

Selain lebih dari 260 martir yang diklaim oleh agresi, termasuk seluruh keluarga, ratusan terluka, ribuan rumah hancur total dan sebagian, dan kerusakan drastis pada ekonomi dan infrastruktur terjadi selama 11 hari agresi.

Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh organisasi berjudul One War Older mendokumentasikan statistik paling menonjol dari pelanggaran yang diderita oleh "dua kelompok paling rentan di jalur yang terkepung", perempuan dan anak-anak. 

Sekitar 50 persen dari populasi Jalur Gaza – lebih dari dua juta orang – adalah anak-anak di bawah usia 15 tahun, dan 49 persen adalah perempuan.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa selama perang baru-baru ini melawan Gaza antara 10-21 Mei, yang disebut pendudukan sebagai "Operasi Penjaga Tembok", pasukan Israel melakukan serangan yang tidak proporsional terhadap lingkungan pemukiman padat penduduk dengan mayoritas populasi anak-anak dan wanita. (75 persen).

Selain sejumlah besar kematian dan cedera di antara anak-anak dan perempuan, Euro-Med Monitor mengungkapkan bahwa 241 anak kehilangan salah satu atau kedua orang tuanya akibat pengeboman, sekitar 5.400 anak kehilangan rumah, dan 42.000 anak kehilangan rumah sebagian. rusak.

Wawancara: Pengepungan dan kekerasan Israel merusak pikiran anak-anak Palestina
Enam puluh enam anak tewas dalam pemboman Israel di Gaza selama 11 hari, sementara 470 anak-anak dan 310 wanita terluka.

Laporan itu muncul setelah lebih dari lima minggu penelitian lapangan yang dilakukan oleh tim Euro-Med Monitor, yang mendokumentasikan ratusan kasus penargetan langsung terhadap rumah-rumah sipil yang menampung banyak perempuan dan anak-anak.

Sekitar 72.000 anak-anak mengungsi ke sekolah UNRWA atau rumah kerabat selama serangan Israel, sementara lebih dari 4.000 anak saat ini tetap mengungsi, menurut Euro-Med Monitor.

Mariam Dawwas, peneliti lapangan Euro-Med Monitor, menyatakan bahwa dia dan tim lapangan mendokumentasikan ratusan kasus penargetan langsung warga sipil di rumah mereka dalam serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya, berskala besar dan ganas di Jalur Gaza.

Dawwas, yang mengungsi bersama anaknya setelah jet tempur Israel menargetkan gedung apartemennya, menjelaskan: "Tidak ada banyak perbedaan dari tiga serangan sebelumnya di Gaza, kecuali satu hal; Hari ini saya termasuk di antara mereka yang saya dokumentasikan. Saya berlari bersamanya. mereka dan berteriak mencari putri kecil saya dan meninggalkan rumah saya setelah serangan udara menargetkan gedung."

Dia menyatakan bahwa dia dan putrinya yang berusia tiga tahun sedang mencari alasan untuk hidup dan menjalani: "Gangguan stres pasca-trauma, seperti sebagian besar penduduk Gaza."

Laporan tersebut juga menunjukkan bahwa hampir 2.500 ibu hamil yang akan melahirkan dalam tiga bulan ke depan dapat mengalami komplikasi saat melahirkan sebagai efek langsung atau tidak langsung dari serangan tersebut.

Euro-Med Monitor mengeluarkan laporan pertamanya tentang serangan militer Israel di Gaza, berjudul Neraka yang Tak Terhindarkan , yang mendokumentasikan kasus-kasus penargetan massal terhadap keluarga dan infrastruktur.

Organisasi tersebut diperkirakan akan mengeluarkan laporan baru dalam beberapa hari mendatang tentang kerugian ekonomi yang ditimbulkan oleh Jalur Gaza yang terkepung akibat serangan itu.

KEYWORD :

Serangan Israel Anak Gaza Trauma Psikologis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :