Jum'at, 19/04/2024 06:27 WIB

Bandara Aleppo Suriah Diserang Israel

Bandara Aleppo Suriah diserang Israel.

Israel telah melakukan ratusan serangan terhadap sasaran di dalam wilayah yang dikuasai pemerintah Suriah dalam beberapa tahun terakhir tetapi jarang mengakui atau membahas operasi semacam itu (File: Jack Guez/AFP)

JAKARTA, Jurnas.com -  Suriah mengatakan, Israel telah melakukan serangan rudal yang menargetkan bandara di kota Aleppo. Serangan tersebut menyebabkan sejumlah kerusakan material.

"Sekitar jam 2000 (1700 GMT), musuh Israel menargetkan bandara internasional Aleppo dengan tembakan rudal, menyebabkan beberapa kerusakan material di jantung fasilitas itu," kata kantor berita resmi SANA, tanpa menyebutkan ada tidaknya korban jika.

SANA sebelumnya melaporkan suara ledakan di daerah tersebut. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, yang mengandalkan jaringan luas sumber di lapangan untuk informasinya, mengkonfirmasi telah terjadi serangan.

Dikatakan empat rudal Israel telah menargetkan landasan pacu dan depot di bandara yang diyakini berisi rudal yang dipasok oleh Iran. Observatorium tidak melaporkan adanya korban tetapi mengatakan serangan itu telah memicu ledakan dan kebakaran.

Media Al Jazeera tidak dapat secara independen memverifikasi klaim serangan tersebut, tetapi Israel telah melakukan ratusan serangan di dalam wilayah Suriah sejak 2011.

SANA juga mengatakan pada Rabu bahwa pertahanan anti-pesawat telah mencegat rudal "musuh" di atas ibu kota Damaskus. Televisi pemerintah mengatakan rudal itu milik Israel.

Kamis lalu, SANA melaporkan dua warga sipil terluka dalam serangkaian serangan udara Israel di wilayah barat Hama dan Tartous.

Israel telah melakukan ratusan serangan terhadap sasaran di dalam bagian-bagian Suriah yang dikuasai pemerintah dalam beberapa tahun terakhir tetapi jarang mengakui atau membahas operasi semacam itu.

Militer Israel menolak mengomentari serangan udara yang menargetkan bandara Aleppo, menurut kantor berita AP.

Israel telah mengakui, bagaimanapun, bahwa mereka menargetkan pangkalan-pangkalan kelompok pejuang sekutu Iran, seperti Hizbullah Lebanon, yang telah mengirim ribuan pejuang untuk mendukung pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Pada hari Minggu, Israel melancarkan serangan udara yang menargetkan fasilitas militer di Suriah barat. Citra satelit menunjukkan kehancuran yang meluas di depot, yang menurut pemantau perang oposisi menyimpan ratusan rudal jarak menengah untuk para pejuang yang didukung Iran.

Pada bulan Juni, serangan udara Israel untuk sementara membuat Bandara Internasional Damaskus tidak beroperasi.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Serangan Israel di Suriah Bandara Aleppo Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :