Jum'at, 26/04/2024 13:05 WIB

Sumbangkan 500 Juta Dosis Vaksin, Joe Biden: Kami Tanpa Pamrih

Sumbangan itu sebagai langkah berani yang menunjukkan Amerika mengakui tanggung jawabnya kepada dunia dan warganya sendiri.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berbicara tentang janji pemerintahannya untuk menyumbangkan 500 juta dosis vaksin virus corona Pfizer (PFE.N) ke negara-negara termiskin di dunia, selama kunjungan ke St Ives di Cornwall, Inggris, pada 10 Juni 2021. (Foto: Reuters/Kevin Lamarque)

Carbis, Jurnas.com - Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengatakan pada Kamis (10/6) sumbangan 500 juta dosis vaksin COVID-19 Pfizer ke negara-negara termiskin di dunia akan meningkatkan pertempuran dengan virus dan datang dengan "tanpa pamrih".

Biden, berbicara bersama Kepala Eksekutif Pfizer, Albert Bourla di resor tepi laut Inggris di Carbis Bay menjelang KTT G7, berterima kasih kepada para pemimpin lain karena mengakui tanggung jawab mereka untuk memvaksinasi dunia.

"AS menyediakan setengah miliar dosis ini tanpa pamrih. Tanpa pamrih," kata Biden. "Sumbangan vaksin kami tidak termasuk tekanan untuk bantuan, atau konsesi potensial. Kami melakukan ini untuk menyelamatkan nyawa."

Biden, yang ingin meningkatkan kepercayaan multilateralnya pada perjalanan luar negeri pertamanya sebagai pemimpin, memberikan sumbangan itu sebagai langkah berani yang menunjukkan Amerika mengakui tanggung jawabnya kepada dunia dan warganya sendiri.

"Amerika akan menjadi gudang vaksin dalam perjuangan kita melawan COVID-19, sama seperti Amerika adalah gudang senjata demokrasi selama Perang Dunia Kedua," kata Biden.

Sumbangan vaksin terbesar yang pernah dilakukan oleh satu negara akan dibayarkan AS sebesar US$3,5 miliar tetapi akan mendorong sumbangan lebih lanjut dari para pemimpin G7 lainnya - termasuk Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Para pemimpin G7 ingin memvaksinasi dunia pada akhir 2022 untuk mencoba menghentikan pandemi COVID-19 yang telah menewaskan lebih dari 3,9 juta orang, menghancurkan ekonomi global, dan menjungkirbalikkan kehidupan normal miliaran orang.

Upaya vaksinasi sejauh ini sangat berkorelasi dengan kekayaan: AS, Eropa, Israel dan Bahrain jauh di depan negara lain. Sebanyak 2,2 miliar orang telah divaksinasi sejauh ini dari populasi dunia yang hampir 8 miliar, berdasarkan data Universitas Johns Hopkins.

Produsen obat AS Pfizer dan mitra Jermannya BioNTech telah setuju untuk memasok AS dengan vaksin, memberikan 200 juta dosis pada tahun 2021 dan 300 juta dosis pada paruh pertama tahun 2022.

Bidikan, yang akan diproduksi di situs Pfizer AS, akan dipasok dengan harga nirlaba. Sekitar 100 negara akan mendapatkan tembakan.

CEO Pfizer Bourla mengatakan mata dunia tertuju pada para pemimpin negara kaya untuk melihat apakah mereka akan bertindak untuk menyelesaikan krisis COVID-19 dan berbagi dengan negara-negara miskin.

"Pengumuman dengan pemerintah AS ini membuat kami lebih dekat dengan tujuan kami dan secara signifikan meningkatkan kemampuan kami untuk menyelamatkan lebih banyak nyawa di seluruh dunia," katanya.

Sementara sumbangan vaksin yang begitu besar disambut oleh banyak orang, segera ada seruan bagi negara-negara terkaya di dunia untuk membuka lebih banyak timbunan vaksin raksasa mereka.

Kelompok kampanye anti-kemiskinan Oxfam menyerukan lebih banyak yang harus dilakukan untuk meningkatkan produksi vaksin global.

"Tentunya, 500 juta dosis vaksin ini disambut baik karena mereka akan membantu lebih dari 250 juta orang, tetapi itu masih sangat kecil dibandingkan dengan kebutuhan di seluruh dunia," kata Niko Lusiani, pemimpin vaksin Oxfam America.

"Kami membutuhkan transformasi menuju pembuatan vaksin yang lebih terdistribusi sehingga produsen yang memenuhi syarat di seluruh dunia dapat menghasilkan miliaran dosis lebih murah dengan persyaratan mereka sendiri, tanpa kendala kekayaan intelektual," katanya dalam sebuah pernyataan.

Masalah lain, terutama di beberapa negara miskin, adalah infrastruktur untuk mengangkut vaksin yang seringkali harus disimpan pada suhu yang sangat dingin.

Biden juga mendukung seruan untuk pengabaian beberapa hak kekayaan intelektual vaksin tetapi belum ada konsensus internasional tentang bagaimana melanjutkan.

Sumbangan vaksin baru datang di atas 80 juta dosis yang telah dijanjikan Washington untuk disumbangkan pada akhir Juni. Ada juga dana US$2 miliar yang dialokasikan untuk program COVAX yang dipimpin oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI), kata Gedung Putih.

GAVI dan WHO menyambut baik inisiatif tersebut.

Washington juga mengambil langkah-langkah untuk mendukung produksi lokal vaksin COVID-19 di negara lain, termasuk melalui inisiatif Quad dengan Jepang, India, dan Australia. (Reuters)

KEYWORD :

Joe Biden Amerika Serikat Vaksin COVID-19 Vaksin Pfizer




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :