Minggu, 28/04/2024 16:58 WIB

Industri

Mengenal Mobil Water Cannon

Mobil water cannon polisi ini termasuk dalam salah satu jajaran kendaraan anti huru-hara yang kerap dihadirkan ketika menangani demo ataupun kerusuhan massa.
 

Water Cannon / Ist

Jakarta – Bagi Anda yang ikut aksi damai 4 November kemarin, mungkin mobil polisi yang sering disebut water cannon ini sudah tak asing lagi.

Kendaraan taktis (rantis) polisi ini termasuk dalam salah satu jajaran kendaraan anti huru-hara yang kerap dihadirkan ketika menangani keadaan yang genting, seperti mengendalikan demo ataupun kerusuhan massa.

Di Indonesia, mobil water cannon banyak digunakan oleh pihak Kepolisian. Bila dilihat dari tampilannya, kendaraan ini termasuk heavy duty truck yang mempunyai fungsi mirip dengan unit mobil pemadam kebakaran.

Menurut berbagai sumber yang berhasil dihimpun Jurnas.com, kendaraan taktis perang yang satu ini tersedia dalam beberapa tipe, yakni 4x4 dan 6x6. Untuk kapasitas tangkinya, mobil water canon dapat menampung air sampai dengan 4.000 liter.

Selain dilengkapi oleh kamera khusus guna memantau situasi di sekelilingnya, mobil water canon anti demo ini juga dilengkapi komputer dan tombol pengatur semprotan. Berkat penyematan fitur pompa jet bertekanan tinggi, mobil water canon dapat menjangkau jarak semprot sampai dengan 70 meter.

Tak hanya itu, kendaraan milter yang dapat menampung 5-10 personil ini bisa menyemprotkan busa anti api / Bom Molotov serta gas air mata yang berfungsi untuk menghalau para pengunjuk rasa jika terjadi chaos. [yog]

KEYWORD :

Water Cannon Mobil Penyemprot Mobil Anti Huru-Hara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :