Sabtu, 24/07/2021 13:59 WIB

Serupa Tapi Tak Sama, Begini Tiga Perbedaan Smartwatch dan Smartband

Meski jenisnya serupa, sama-sama dipakai di pergelangan tangan. Namun sebenarnya terdapat berbagai fungsi yang berbeda dari setiap smartband dan juga smartwatch.

ilustrasi smartwatch (foto: Eraspase)

Jurnas.com - Teknologi yang berkembang pesat membawa banyak produk dengan inovasi terbaru dan unik. Salah satu yang berkembang pesat yakni smartwatch dan smartband. Kedua aksesoris wearable berteknologi mutakhir, mulai banyak dijual dan digunakan oleh berbagai kalangan. Ada yang menggunakannya untuk olahraga, namun ada juga yang menggunakan untuk memantau kesehatan.

Meski jenisnya serupa, sama-sama dipakai di pergelangan tangan. Namun sebenarnya terdapat berbagai fungsi yang berbeda dari setiap smartband dan juga smartwatch. Lantas, apa saja sih yang jadi pembedanya? Berikut adalah beberapa perbedaan dari smartwatch dan smartband yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya:

Harga Yang Berbeda

Perbedaan menonjol yang utama terletak pada harganya. Jelas jika dibandingkan, smartwatch memiliki fitur dan fungsi yang lebih beragam sehingga harga yang ditawarkan pun jauh lebih mahal daripada smartband yang memiliki fitur dan fungsi yang lebih sedikit dari smartwatch. Beberapa pabrikan smartwatch biasanya sudah termasuk dalam suatu ekosistem brand yang dimilikinya. Seperti Apple yang memiliki Apple Watch. Nggak cuman bisa dipakai sebagai jam, tapi juga bisa membaca pesan masuk, dan menggunakannya untuk membuka iPhone. Begitu pula dengan Samsung Galaxy Watch yang terintegrasi dengan Samsung.

Berbeda dengan smartband yang fiturnya lebih minim, serta nggak perlu menggunakan ekosistem tambahan untuk memaksimalkan fungsi dan fitur. Beberapa smartband juga dibanderol cukup murah yang berkisar di bawah satu jutaan. Sehingga cocok untuk kantong anak muda yang ingin tampil kece namun nggak mau ketinggalan tren.

Fungsi Smartwatch Lebih Banyak

Karena lebih mahal, tentu fungsinya juga lebih banyak. Biasanya smartwatch dibekali dengan spesifikasi, fungsi dan fitur yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan smartband. Smarwatch sendiri mampu meringkas penggunaan smartphone dengan memindahkan fungsi notifikasi dan beberapa aplikasi dari smartphone ke smartwatch.

Kalau smartband memiliki fungsi utama sebagai fitness tracker. Maka smartwatch memiliki fungsi yang lebih unggul dari sekedar fitness tracker. Ia bisa melacak berbagai metric yang terkait dengan kebugaran, dan kesehatan. Misalkan, jarak tempuh, jumlah kalori, detak jantung bahkan kualitas tidur.

Desain Smartband Yang Sederhana

Kalau dilihat dari segi desain. Smartband akan terlihat lebih sederhana dan ramping untuk beberapa brand. Sementara smartwatch tampil lebih besar layaknya jam tangan pada umumnya. Biasanya smartband akan lebih ringan dan nyaman dipakai karena terbuat dari karet, sehingga ketika kamu menggunakan smartband seperti nggak pakai apa-apa. Berbeda dengan smartwatch yang memiliki bobot lebih berat dan jenis strap yang berbeda nggak cuman karet.

Kini sudah banyak pilihan smartwatch ataupun smartband yang bisa dimiliki. Dari harga termurah sampai mahal, semuanya ada. Kalau kamu lagi mengincar harga yang cukup murah dari harga pasaran namun tetap asli. Tenang aja, karena Erafone lagi ngadain promo Ramadan Fair! Kamu bisa mendapatkan berbagai macam gadget bahkan mendapatkan potongan harga hingga Rp.5 juta!

 

TAGS : Smartwatch Smartband Fitur Kesehatan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :