Sabtu, 27/04/2024 10:35 WIB

Khawatir COVID-19, Korea Utara Lewatkan Kualifikasi Piala Dunia

AFC mengumumkan pada 12 April bahwa alih-alih memiliki format kandang dan tandang yang khas, setiap grup yang terdiri dari lima negara akan bermain di satu negara tuan rumah.

Bendera Korea Utara (Foto: AFP)

Seoul, Jurnas.com - Korea Utara telah memberi tahu pihak berwenang bahwa timnya berencana untuk melewatkan kualifikasi Piala Dunia bulan depan yang diselenggarakan oleh Korea Selatan karena kekhawatiran COVID-19. Demikian asosiasi sepak bola Korea Selatan, Senin (3/5).

"Asosiasi sepak bola Korea Utara (PRKFA) mengirim surat pada Jumat kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang menyatakan bahwa timnya tidak akan berpartisipasi dalam putaran kedua kualifikasi," kata juru bicara Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA), Lee Jae-chul.

"AFC meminta Korea Utara untuk mempertimbangkan kembali keputusan tersebut," tambahnya.

Pertandingan di seluruh Asia pada putaran kedua kualifikasi Piala Dunia tahun depan di Qatar dipengaruhi oleh pandemi COVID-19, dengan semua kecuali tiga pertandingan yang akan dimainkan pada Maret ditunda hingga Juni.

AFC mengumumkan pada 12 April bahwa alih-alih memiliki format kandang dan tandang yang khas, setiap grup yang terdiri dari lima negara akan bermain di satu negara tuan rumah.

Korea Selatan dinobatkan sebagai tuan rumah untuk Grup H, yang mencakup kedua Korea serta Turkmenistan, Lebanon dan Sri Lanka.

Korea Utara dan Selatan, secara teknis masih berperang karena konflik 1950-53 mereka berakhir dengan gencatan senjata daripada perjanjian damai, terakhir kali bermain imbang 0-0 di stadion yang hampir kosong di Pyongyang pada Oktober 2019. Itu adalah pertandingan pertama antara tim di tanah Korea Utara dalam 30 tahun.

Itu tidak disiarkan setelah Korea Utara menolak untuk menayangkannya secara langsung, dan KFA kemudian mengajukan pengaduan ke AFC karena penggemar dan media tidak diizinkan untuk hadir.

Keputusan Korea Utara untuk melewatkan kualifikasi Piala Dunia datang hampir sebulan setelah mengumumkan tidak akan ambil bagian dalam Olimpiade Tokyo karena kekhawatiran virus corona. (Reuters)

KEYWORD :

Korea Utara Korea Selatan Kualifikasi Piala Dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :