Jum'at, 03/05/2024 07:08 WIB

Perayaan Halloween di Berbagai Negara

Berikut beberapa tradisi perayaan Halloween di sejumlah Negara yang berhasil ditelusuri Jurnas.com dari berbagai sumber

Ilustrasi Peringatan Halloween di Hong Kong

Hari ini, beberapa negara Barat merayakan Halloween. Kamu juga harus tahu bahwa awalnya Halloween ini diperingati sebagai penghormatan untuk para arwah dan roh-roh serta perayaan panen lho. Meskipun identik dengan kostum horor, tiap negara punya cara unik dalam merayakan Halloween. Berikut beberapa tradisi perayaan Halloween di sejumlah Negara yang berhasil ditelusuri Jurnas.com dari berbagai sumber:

  1. Amerika

Perayaan Halloween sudah dilakukan oleh warga New York sejak tahun 1973. Halloween bisa dibilang sebagai hari libur terbesar kedua di Amerika Serikat setelah Natal. Daerah yang paling kental dengan atribut Halloween, Sixth Avenue merayakan Halloween dengan pesta kostum , pertunjukan band, dan sirkus. Hampir setiap rumah didekorasi dengan hiasan khas Halloween, sementara penjualan permen dan kue melonjak tinggi mengingat setiap rumah ingin memberi permen untuk anak-anak yang melakukan tradisi trick or treat.

Khusus bagi mahasiswa Fashion & Textiles, hari ini merupakan ajang menunjukkan hasil karya unik dan menarik dalam rangka mengikuti tren Halloween. Menjelang malam, para orang tua dan warga berpesta mengenakan kostum di lingkungan sekitar mereka. Pesta kostum juga kerap diselenggarakan oleh hotel, restoran, kafe dan bar pada malam Halloween di AS. Pengunjung dengan kostum terbaik atau terunik bisa mendapat hadiah dari pihak panitia Halloween.

Nuansa Halloween juga terasa di tempat-tempat rekreasi di seluruh wilayah AS. Taman hiburan seperti Disneyland dan Universal Studios biasanya mendirikan wahana rumah hantu super seram  yang dibuka di malam hari selama beberapa minggu untuk merayakan Halloween. Tepat di malam perayaan Halloween, beberapa tempat wisata buka hingga tengah malam untuk mengadakan pesta kembang api.

  1. Inggris

Sama seperti di Amerika, Inggris juga merayakan Halloween dengan meriah. Namun sekarang mungkin sudah tidak semeriah dulu. Berbagai tradisi seperti trick or treat, lomba mengambil apel serta makan tar apel masih dilakukan. Dalam permainan mengambil apel, peserta harus meraih apel-apel yang diletakkan di atas tong berisi air dengan hanya menggunakan mulut. Sementara itu, tar apel yang mereka makan biasanya telah diisi dengan kacang, koin, cincin atau benda-benda kecil lainnya. Siapapun yang mendapatkan koin tersebut dipercaya akan mendapat keberuntungan.

  1. Hong Kong

Hong Kong yang merupakan negara di kawasan Asia yang menyelenggarakan pesta Halloween terbesar. Daerah yang sering mengadakan pesta Halloween, Lan Kwai Fong, menyajikan restoran-restoran dan bar bernuansa Halloween saat akhir Oktober tiba. Perayaan Halloween di negara ini mirip dengan tradisi lokalnya, Yue Lan (atau disebut juga sebagai Festival of the Hungry Ghosts), dimana masyarakat percaya  bahwa pada hari tersebut arwah dan roh bebas berkeliling di dunia manusia, sehingga di jalan-jalan akan terlihat orang-orang membakar uang kertas dan persembahan lainnya supaya arwah gentayangan dapat tenteram dan tidak mengganggu.

  1. Korea

Perayaan Halloween di Korea tidak se-meriah Valentine, namun mereka tetap menjalankan tradisi Halloween terutama di kawasan Itaewon. Bar-bar dan klub akan didatangi ribuan orang dengan berbagai macam kostum khas Halloween dan segala penjuru tempat dihiasi dengan atribut-atribut dengan tema Halloween.

  1. Irlandia

Mirip seperti Inggris dan Amerika, Irlandia juga merayakan tradisi Halloween. Beberapa permainan populer adalah “Snap Apple” – mirip dengan apple bobbing di Amerika, “Knock-a-dolly” – sejenis trick or treat, hanya saja lebih usil, di mana anak-anak mengetuk pintu dan lari sebelum tuan rumah membuka pintu. Selain itu juga terdapat hidangan spesial untuk Halloween yang “Barnbrack” – fruitcake tradisional yang berisikan sesuatu di dalamnya, dipercayai dapat memprediksikan masa depan. Para mahasiswa Catering dapat bereksperimen di dapur dan membuat Barnback sendiri.

  1. Dublin

Negara yang sarat akan warisan budaya dan sejarah Eropa memang banyak memiliki cerita mistis. Biasanya para peserta mengikuti tur untuk menyaksikan pertunjukan dari Hitchcock di National Concert Hall atau Bram Stoker Dracula Halloween Horror Festival dengan menggunakan kostum jubah dan taring ala drakula.

  1. Kanada

Sama seperti AS, Halloween juga dirayakan dengan amat meriah di Kanada. Perayaan Halloween di negara-negara Amerika Utara seperti AS dan Kanada sebenarnya berawal dari kemunculan para imigran Eropa. Di Kanada, Halloween dirayakan dengan melakukan tradisi trick or treat, menghias rumah dengan Jack o’ Lantern, lampu temaram dan boneka hantu, serta mengadakan perkumpulan dan pesta kostum di lingkungan rumah.

  1. Rumania

Perayaan Halloween di Rumania berkaitan erat dengan legenda urban di negara tersebut yaitu drakula. Roh drakula konon masih bersemayam di Rumania yang dulunya kental dengan praktik sihir dan magis. Kampung halaman Vlad Dracula yaitu Transylvania menjadi tempat perayaan Halloween terpopuler di Rumania. Ya, Vlad Dracula merupakan tokoh yang menginspirasi kelahiran vampir Dracula dalam novel karya Bram Stoker yang populer di seluruh dunia.

  1. Filipina

Dulunya, anak-anak di Filipina merayakan Halloween dengan bertandang ke setiap rumah sambil menyanyikan lagu-lagu pujian. Sebagai imbalan, pemilik rumah akan memberikan mereka permen, kue-kue, atau uang. Tradisi tersebut dikenal sebagai pangangaluluwa. Namun, pengaruh Barat perlahan menghapus tradisi tersebut. Kini, tradisi trick or treat telah menggantikan tradisi unik itu pada perayaan Halloween di Filipina.

  1. Meksiko dan Singapura

Lain halnya dengan negara lain yang merayakan Halloween pada tanggal 31 Oktober, di kota Oaxaca Meksiko, Halloween diperingati pada 1 dan 2 November. Kedua hari tersebut merupakan hari khusus untuk memperingati keluarga, kerabat, dan leluhur yang telah meninggal yang dirayakan dengan mengadakan parade berkostum menyeramkan. Seperti halnya Hong Kong, Singapura merayakan festival “Zhong Yuan Lie / Yu Lan Jie” yang juga dikenal sebagai Hungry Ghost Festival sebagai pengganti Halloween. Sama seperti Halloween, festival ini diadakan untuk menyambut kedatangan para leluhur yang telah tiada. Kepercayaan kuno menyebutkan bahwa para leluhur akan kembali ke rumah keluarga mereka sekali dalam setahun. Untuk menyambut mereka, buah-buahan dan hidangan disiapkan di altar sementara lilin dan dupa dinyalakan.

Pertunjukan musik dan kesenian tradisional Cina berlangsung di berbagai wilayah Singapura sepanjang perayaan Hungry Ghost Festival. Kini, seiring dengan masuknya budaya barat di Singapura, Halloween juga mulai dirayakan di negara tersebut. Tercatat ada puluhan perayaan Halloween di berbagai wilayah Singapura. Beberapa event Halloween populer di Singapura adalah Sentosa Spooktacular, Museum of Horrors, dan wahana rumah hantu di Universal Studios Singapore.

KEYWORD :

Halloween Perayaan Halooween tiap negara Halloween unik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :