Jum'at, 26/04/2024 10:35 WIB

UEA akan Produksi Vaksin COVID China di Abu Dhabi

Usaha ini merupakan perluasan diplomasi China di kawasan Teluk dan membantu upaya Uni Emirat Arab untuk mendiversifikasi ekonominya jauh dari produksi hidrokarbon.

Vaksin Covid-19 AstraZeneca (Foto: BBC/Getty Images)

Abu Dhabi , Jurnas.com - Pabrik baru di Abu Dhabi akan mulai memproduksi vaksin virus corona (COVID-19) Sinopharm akhir tahun ini. Produksi akan di bawah usaha patungan antara raksasa farmasi China dan perusahaan teknologi yang berbasis di Abu Dhabi Group 42 (G42).

Usaha ini merupakan perluasan diplomasi China di kawasan Teluk dan membantu upaya Uni Emirat Arab untuk mendiversifikasi ekonominya jauh dari produksi hidrokarbon.

Pabrik baru, yang sedang dibangun di Zona Industri Khalifa Abu Dhabi (KIZAD), akan memiliki kapasitas produksi 200 juta dosis setahun dengan tiga jalur pengisian dan lima jalur pengemasan otomatis, sebuah pernyataan dari perusahaan patungan tersebut mengatakan pada Senin.

Vaksin tersebut akan disebut Hayat-Vax ketika diproduksi di UEA tetapi merupakan vaksin yang tidak aktif yang sama dari Institut Produk Biologi Beijing (BiBP), sebuah unit dari Grup Biotec Nasional China (CNBG) Sinopharm, yang disetujui oleh UEA untuk penggunaan umum di Desember.

"Hayat-Vax adalah vaksin COVID-19 pertama yang diproduksi di dunia Arab," kata pernyataan itu.

Sementara pabrik baru meningkat, produksi sementara vaksin telah dimulai di emirat Ras al-Khaimah oleh Gulf Pharmaceutical Industries PSC (Julphar).

Lini produksi sementara itu memiliki kapasitas awal dua juta dosis per bulan dan tidak ada rincian yang diberikan tentang berapa lama produksi akan berlanjut di sana.

UEA, melalui G42, menyelenggarakan uji klinis fase ketiga vaksin Sinopharm mulai Juli, yang kemudian diperluas ke negara lain di kawasan termasuk Bahrain.

UEA menyetujui vaksin untuk pekerja garis depan pada bulan September sebelum membuatnya tersedia untuk masyarakat umum pada bulan Desember.

UEA mengatakan uji coba menunjukkan vaksin memiliki kemanjuran 86 persen, sementara Sinopharm melaporkan kemanjuran 79,34 persen berdasarkan hasil sementara.

Beberapa orang di UEA gagal mengembangkan antibodi yang cukup setelah dosis kedua vaksin Sinopharm dan diberi dosis ketiga, kata kementerian kesehatan UEA bulan ini. Dikatakan bahwa jumlahnya “minimal” dibandingkan dengan jumlah vaksin yang diberikan. (Reuters/Aljazeera)

KEYWORD :

Abu Dhabi Vaksin COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :