Sabtu, 02/03/2024 19:23 WIB

Disahkan BPOM, Indonesia Punya Vaksin Covid-19 Produksi Sendiri

Vaksin Indovac dikembangkan oleh PT Bio Farma bekerja sama dengan Baylor College of Medicine USA

Seorang perawat menyiapkan suntikan vaksin penyakit coronavirus (COVID-19) Pfizer-BioNTech di pusat vaksinasi di Forum Humboldt di Berlin, Jerman 19 Januari 2022. (Foto file: Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) untuk vaksin IndoVac dan AWcorna.

Vaksin Indovac dikembangkan oleh PT Bio Farma bekerja sama dengan Baylor College of Medicine USA.

Sementara Vaksin AWcorna merupakan vaksin Covid-19 dengan platform mRNA yang didaftarkan oleh PT Etana Biotechnology Indonesia (PT Etana) dan dikembangkan oleh Abogen-Yuxi Walvax, Tiongkok.

"(BPOM menerbitkan EUA) untuk Vaksin Indovac, ini adalah vaksin pengembangan dalam negeri. Kedua adalah vaksin AWcorna, yaitu vaksin yang unik dan menggunakan teknologi, yaitu platform mRNA," kata Kepala BPOM Penny K Lukito, Jumat (30/9/2022).

Penny menjelaskan, dengan disetujuinya EUA terhadap kedua vaksin ini, semakin menambah alternatif vaksin yang dapat digunakan dalam program vaksinasi Covid-19 untuk dewasa usia 18 tahun ke atas.

“Kedua vaksin tersebut juga sudah mendapatkan fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sertifikasi halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH),” tambah Kepala BPOM.

Pengembangan dan produksi vaksin di dalam negeri merupakan kebanggaan masyarakat Indonesia sebagai fondasi awal terwujudnya kemandirian bangsa di bidang farmasi.

Momentum ini diharapkan akan mendorong industri farmasi nasional untuk terus berinovasi menghasilkan vaksin dengan teknologi mutakhir agar mampu bersaing di tingkat global.

Termasuk untuk melanjutkan kerja sama yang telah terbangun antara PT Bio Farma dengan Baylor College of Medicine, USA serta PT Etana dengan Abogen dalam mengeksplorasi pengembangan vaksin lainnya.

BPOM menyampaikan apresiasi kepada Tim Ahli Komite Nasional Penilai Vaksin Covid-19 dan ITAGI atas kerja samanya yang memungkinkan vaksin ini segera rilis ke masyarakat. Juga kepada lintas sektor terkait yang telah memberikan dukungan dalam pengembangan vaksin dalam negeri,” kata Kepala BPOM.

KEYWORD :

Vaksin Covid-19 IndoVac AWcorna BPOM




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :