Jum'at, 26/04/2024 12:47 WIB

Pimpinan DPR Minta Pertamina Perhatikan Dampak Lingkungan dan Pastikan Stok BBM

Kalangan dewan meminta pihak Pertamina untuk dapat segera melakukan investigasi dan memastikan ketersediaan stok keamanan dari Bahan Bakar Minyak (BBM).

Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin

Jakarta, Jurnas.com - Kalangan dewan meminta pihak Pertamina untuk dapat segera melakukan investigasi dan memastikan ketersediaan stok keamanan dari Bahan Bakar Minyak (BBM).

Menurut Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin,hal itu penting dilakukan mengingat terjadi kebakaran hebat yang melanda kilang minyak PT Pertamina  Refinery Unit (RU) VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat yang terjadi pada Senin (29/3) dini hari tadi.

"Pertamina harus memastikan agar masyarakat tidak mengalami kelangakaan BBM dan segera memfokuskan penyebab terjadinya kebakaran tersebut apakah akibat kalalaian human error atau memang murni kesalahan secara tekhnis, bagaimana proses pengawasan yang dilakukan dan monitoring keamanan di lapangan," kata dia dalam keterangan tertulis beberapa saat tadi.

Azis Syamsuddin berharap, Pertamina dapat memastikan keamanan masyarakat yang tinggal dekat wilayah kilang minyak tersebut.

Selain itu, dampak kerusakan lingkungan yang terjadi pasca ledakan kilang minyak balongan terhadap keberlanjutan ekosistem di sekitar lingkungan juga harus diperhatikan.

"Pertamina harus melihat dampak lingkungan yang terjadi terhadap masyarakat sekitar pasca ledakan, apakah berbahaya atau tidak. Jangan sampai ada bahan berbahaya dan beracun yang berdampak pada lingkungan sekitar yang dapat membahayakan keselamatan dan kehidupan masyarakat lingkungan sekitar,” ujarnya.

KEYWORD :

Warta DPR Pimpinan DPR Azis Syamsuddin Pertamina Kebakaran Balongan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :