Jum'at, 26/04/2024 13:30 WIB

Jadi Dirjen Bea Cukai, Ini Tugas Askolani dari Sri Mulyani

Sri Mulyani meminta Askolani dapat melanjutkan program reformasi di tubuh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC)

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati. Foto: Wikipedia

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati merotasi Askolani dari Dirjen Anggaran menjadi Direktur Jenderal Bea dan Cukai.

Askolani diberikan tugas pertahankan prestasi DJBC pada tahun sebelumnya yakni target penerimaan negara.

“Selama 2020 Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mencapai target penerimaan negara, itu suatu prestasi. Saya minta tahun 2021 harus tetap dipertahankan dan ini bukan langkah yang mudah,” kata Sri Mulyani dalam video virtual, Jumat (13/2/2021).

Dia meminta Askolani dapat melanjutkan program reformasi di tubuh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), serta memperkuat integritas, budaya organisasi, hingga pengeluaran kelembagaan.

"Kepada pak Askolani sebagai Dirjen Bea Cukai, suatu tugas baru dan menantang, banyak reformasi yang sudah dilakukan di masa kepemimpinan pak heru," katanya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini meminta Askloni dalam mengoptimalkan penerimaan negara yang berasal dari kepabeanan dan cukai melalui ekstensifikasi dan intensifikasi, serta membangun data analitik yang dijadikan alat penerimaan negara bersama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan.

"Saya akan terus meminta DJBC meningkatkan pelayanan dalam fasilitas perdagangan dan industri dalam rangka mendorong ekspor, di mana Kanwil memiliki tugas mendorong langkah ekspor Indonesia, serta terus melakukan perlindungan bagi perekonomian dan masyarakat berbagai ancaman penyelundupan," tandasnya.

KEYWORD :

Kemenkeu Sri Mulyani Bea Cukai Askolani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :