Jum'at, 26/04/2024 13:06 WIB

HARI SANTRI NASIONAL

LSN Terbitkan Nawa Resolusi Santri

LSN mengajak kepada semua santri dan masyarakat untuk berkomitmen terhadap beberapa hal yang disebut Nawa Resolusi Santri‎.

Ketum LSN, Didik Setiawan (baju putih) memberikan penghargaan

Jakarta - ‎Hari Santri Nasional (HSN) sebagai penghargaan terhadapa para Ulama, Kyai dan para Santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dimana, sejarah mencatat bahwa perjuangan para Ulama, Kyai dan Santri dalam usaha mendapatkan kemerdekaan NKRI sangatlah jelas dan bisa dilihat dari bukti-bukti perjuangan mereka.

Ketua Umum Laskar Santri Nasional (LSN), Didik Setiawan mengatakan, dalam rangka peringatan HSN tahun ini LSN mengajak kepada semua santri dan masyarakat untuk berkomitmen terhadap beberapa hal yang disebut Nawa Resolusi Santri‎.

"Nawa Resolusi ini selain menunjukkan konsistensi kami mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo juga sebagai pertanggungjawaban kami bahwa jika ada program pemerintahan yang kurang benar harus diluruskan dan di kritik," kata Didik, dalam rilisnya, Jakarta, Minggu (23/10).

Selain menyampaikan Nawa Resolusi, kata Didik, LSN juga memberikan penghargaan berupa `Kyai kampung Award ke-2` yang digelar di Jakarta, Salatiga dan Jepara Jawa Tengah. Hal itu sebagai konsistensi LSN untuk memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada penjaga kultural ajaran ahlus sunnah wal jama`ah.

"Maka dari itu LSN juga mendorong agar dalam RUU Madrasah dan Pondok Pesantren harus memperjuangkan keberlangsungan pesantren serta meningkatkan kualitas pendidikan pondok pesantren baik secara fisik maupun non fisik," terangnya.

Menurutnya, Kyai kampung yang mengelola masjid atau langgar dan guru ngaji merupakan sosok yang penting dimasyarakat, yang dijadikan sebagai tempat bertanya berbagai permaslahan dan yang mempunyai kelebihan antara lain keterlibatan secara aktif dimasyarakat‎. Dimana, mereka hidup ditengah-tengah masyarakat dan tidak ada jarak fisik atau psikis.

"Kehadiran kyai kampung ditengah tengah masyarakat seperti sebuah payung raksasa yang besar bentangannya, sehingga memiliki kesanggupan yang dahsyat sebagai pengayom masyarakat, kapan dan dimanapun mereka membutuhkan, pengayoman itupun akan didapatkan dengan sangat mudah," tutur Didik.

Berikut Nawa Resolusi Santri yang diterbitkan LSN kepada masyarakat khususnya para santri:

1. LSN akan terus menjaga ajaran Ahlus Sunnah wal Jama`ah serta berkomitmen menjaga keutuhan NKRI.

2. Menolak Politisasi Agama seperti pemakaian isu SARA serta adanya upaya oleh sebagian kelompok yang mengusulkan pembubaran MUI untuk kepentingan politik.

3. Mendukung RUU Madrasah dan Pondok Pesantren untuk segera di sahkan.

4. Mendukung pemerintah dalam pengetatan pajak bagi pengusaha besar bukan rakyat kecil.

5. Menolak liberalisasi bisnis dan rekruitmen tenaga kerja dalam negeri.

6. Mendukung pemerintah dalam pemberantasan narkoba dan korupsi di NKRI;

7. Tolak radikalisme, terorisme dan intoleransi;

8. Menolak politisasi hukum di Indonesia dan kembalikan pers sesuai fungsinya.

9. Mendukung Nasionalisai Pabrik Rokok di Indonesia menjadi Badan Usaha Milik Negara.

KEYWORD :

Hari Santri Nasional Laskar Santri Nasional LSN Didik Setiawan Jurnas.com




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :