Sabtu, 27/04/2024 07:22 WIB

Lockdown Tiap Akhir Pekan, Wagub DKI: Kita Tunggu Putusan Pusat

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya menunggu putusan pusat menyusul usulan karantina (lockdown) tiap akhir pekan yang dicetuskan Anggota Komisi IX DPR RI

Lalu Lintas di DKI Jakarta. (Foto :Jurnas/Ginting).

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya menunggu putusan pusat menyusul usulan karantina (lockdown) tiap akhir pekan yang dicetuskan Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Daulay untuk memutus penyebaran pandemi.

Riza di Balai Kota Jakarta Selasa (2/2) malam menjelaskan usulan mantan koleganya di DPR RI itu mengacu kebijakan yang diterapkan Turki dalam upaya mengurangi kasus positif pandemi dan mendorong agar DPR menyampaikan usulan tersebut ke pemerintah pusat.

Lebih lanjut, Riza mengatakan Pemprov DKI Jakarta juga akan sama-sama melakukan kajian dan analisa yang bakal mempertimbangkan usulan lockdown tiap akhir pekan itu yang juga terkait mobilitas warga Jakarta yang tinggi pada akhir pekan.

Menurut Riza lagi, Pemprov DKI Jakarta meyakini program-program usulan dari siapapun termasuk akan dipertimbangkan oleh pemerintah mengingat pemerintah pusat juga memiliki para pakar yang akan terus membuat kajian mendalam apakah memungkinkan lockdown akhir pekan.

“Memang faktanya di Sabtu-Minggu, karena perkantoran tutup banyak warga Jakarta yang melakukan aktivitas di luar rumah. Tidak hanya ke pasar, ke mal tapi juga ke tempat-tempat rekreasi termasuk berkunjung ke sanak saudara, termasuk juga ke luar kota," ujarnya.

Menurut Riza, aktivitas di luar rumah itu bakal menimbulkan kerumunan yang dapat berdampak pada peningkatan jumlah kasus positif.

Oleh sebab itu, Riza meminta agar selama usulan tersebut belum diterapkan, warga tetap berada di rumah selama akhir pekan. 

KEYWORD :

Usulan Lockdown Akhir Pekan Wagub DKI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :