Rabu, 08/05/2024 16:30 WIB

Omicron Tunda Ratusan Penerbangan AS Selama Akhir Pekan Natal

Pembatalan lebih lanjut kemungkinan besar terjadi, dan lebih dari 920 penerbangan ditunda.

Wisatawan memeriksa informasi penerbangan di Bandara Internasional Los Angeles, karena ribuan penerbangan dibatalkan dan ribuan lainnya ditunda pada akhir pekan Natal 2021. (Foto: AFP/David McNew)

WASHINGTON, Jurnas.com - Maskapai penerbangan Amerika Serikat (AS) membatalkan ratusan penerbangan untuk hari ketiga berturut-turut pada Minggu karena melonjaknya infeksi COVID-19 karena varian virus corona (COVID-19) Omicron yang sangat menular.

Akibat pembatalan tersebut, puluhan ribu pelancong akhir pekan Natal terpaksa harus mengubah rencana mereka.

Maskapai penerbangan komersial membatalkan 656 penerbangan di dalam, masuk atau keluar dari AS pada Minggu (26/12), sedikit turun dari hampir 1.000 dari Hari Natal dan hampir 700 pada Malam Natal, menurut penghitungan di situs pelacakan penerbangan FlightAware.com.

Pembatalan lebih lanjut kemungkinan besar terjadi, dan lebih dari 920 penerbangan ditunda.

Liburan Natal biasanya merupakan waktu puncak untuk perjalanan udara, tetapi penyebaran cepat varian Omicron telah menyebabkan peningkatan tajam dalam infeksi COVID-19, memaksa maskapai penerbangan untuk membatalkan penerbangan dengan pilot dan kru yang perlu dikarantina.

Delta Air Lines memperkirakan lebih dari 300 penerbangannya akan dibatalkan pada Minggu.

"Cuaca musim dingin di beberapa bagian AS dan varian Omicron terus memengaruhi jadwal penerbangan akhir pekan liburan Delta," kata juru bicara Delta dalam pernyataan email,

Juru bicara tersebut menambahkan, perusahaan sedang bekerja untuk mengubah rute dan mengganti pesawat dan kru untuk mendapatkan pelanggan di tempat yang mereka butuhkan secepat dan seaman mungkin.

"Ketika itu tidak memungkinkan, itu berkoordinasi dengan pelanggan yang terkena dampak pada penerbangan berikutnya yang tersedia," kata juru bicara itu.

Secara global, data FlightAware menunjukkan bahwa hampir 2.150 penerbangan dibatalkan pada Minggu dan 5.798 lainnya ditunda, pada 09:40 EST (10:40 waktu Singapura).

Omicron pertama kali terdeteksi pada bulan November dan sekarang menyumbang hampir tiga perempat dari kasus AS dan sebanyak 90 persen di beberapa daerah, seperti Eastern Seaboard.

Jumlah rata-rata kasus baru virus corona di AS telah meningkat 45 persen menjadi 179.000 per hari selama seminggu terakhir, menurut penghitungan Reuters.

Sementara penelitian terbaru menunjukkan Omicron menghasilkan penyakit yang lebih ringan dan tingkat rawat inap yang lebih rendah daripada varian COVID-19 sebelumnya, pejabat kesehatan telah mempertahankan catatan yang hati-hati tentang prospek tersebut.

KEYWORD :

Varian Omicron Penundaan Penerbangan Amerika Serikat Akhir Pekan Natal




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :