Sabtu, 27/04/2024 05:48 WIB

Para Dokter di Myanmar Ancam Berhenti Bekerja

Para dokter mengancam akan berhenti bekerja bahkan saat infeksi virus corona (COVID-19) yang terus meningkat di negara berpenduduk 54 juta itu.

Aparat kepolisian Myanmar melakukan penjagaan di Naypyidaw, Myanmar, 29 Januari 2021. (THET AUNG/AFP)

Yangon, Jurnas.com -  Petugas medis Mynamar melakukan kampanye pembangkangan sipil terhadap para jenderal yang menggulingkan pemimpin terpilih secara demokratis, Aung San Suu Kyi pada awal pekan ini.

Para dokter mengancam akan berhenti bekerja bahkan saat infeksi virus corona (COVID-19) yang terus meningkat di negara berpenduduk 54 juta itu.

"Kami tidak dapat menerima diktator dan pemerintah yang tidak dipilih," kata Myo Thet Oo, seorang dokter yang berpartisipasi dalam kampanye tersebut, kepada Reuters dari kota timur laut Lashio.

"Mereka dapat menangkap kami kapan saja. Kami telah memutuskan untuk menghadapinya. Kami semua telah memutuskan untuk tidak pergi ke rumah sakit," tambahnya.

Reuters tidak dapat menghubungi pemerintah militer Myanmar yang baru untuk mengomentari boikot para dokter dan tanda-tanda yang lebih luas dari penyebaran perbedaan pendapat.

Kemarahan terhadap militer melonjak di media sosial, yang sebagian besar pengguna Facebook di negara tempat platform utama itu mengubah foto profil menjadi potret Suu Kyi atau warna merah partai Liga Nasional untuk Demokrasi miliknya.

Di kota utama Yangon, orang-orang menggedor panci dan membunyikan klakson mobil setelah gelap sebagai protes.

Salah satu kelompok pemuda terbesar Myanmar dan federasi serikat mahasiswanya menyerukan kampanye pembangkangan sipil bersama dengan para dokter dari seluruh negeri - termasuk rumah sakit 1.000 tempat tidur di ibu kota Naypyidaw.

"Itu menginspirasi," kata aktivis Thinzar Shunlei Yi kepada Reuters tentang kampanye pembangkangan sipil, yang halaman Facebook barunya telah disukai lebih dari 112.000 orang.

Militer juga memiliki pendukungnya, mendapat dukungan dari Asosiasi Pemuda Buddha di negara mayoritas Buddha. Ratusan orang berunjuk rasa di pusat kota utama, Yangon, untuk mendukung pemimpin kudeta Min Aung Hlaing.

Pendukun Tentara

Sementara para dokter anti kudeta menyuarakan perbedaan pendapat, para pendukung tentara di media sosial memposting gambar lama yang menunjukkan tim tanggap COVID-19 Korps Medis Militer Myanmar yang berseragam memegang spanduk bertuliskan "Kami Siap".

"Kami lebih baik mati, daripada mendapat perawatan dari militer," beberapa orang memposting sebagai tanggapan.

Min Aung Hlaing menetapkan memerangi COVID-19 sebagai prioritas utamanya di samping mengadakan pemilihan pada hari Selasa. Ini telah menewaskan lebih dari 3.100 orang dari lebih dari 140.000 infeksi, salah satu korban tertinggi di Asia Tenggara.

Pandemi ini semakin dihormati oleh para dokter yang bekerja di salah satu sistem kesehatan terlemah di dunia.

Ini bukan pertama kalinya mereka muncul dalam tantangan melawan militer. Pada 2015, mereka melancarkan kampanye Pita Hitam melawan militerisasi kementerian kesehatan dan janji medis lainnya.

Beberapa dokter menghidupkan kembali kampanye itu pada hari Selasa bersamaan dengan boikot.

"Kami terhubung dengan baik satu sama lain dalam jaringan medis kami. Kami berharap dapat terhubung dan menyebarkan kampanye secara nasional," kata Sai Nay Myo, mantan asisten direktur rumah sakit, tentang kampanye pembangkangan sipil.

"Kami tidak bisa menerima kediktatoran." Dalam sebuah surat yang mengantisipasi penahanannya dan diterbitkan oleh seorang ajudannya pada hari Senin, Suu Kyi telah meminta orang-orang untuk memprotes kudeta - meskipun dia tidak menyebutkan bahwa mereka harus turun ke jalan.

Pendukung pro-demokrasi menunjukkan kemarahan dalam banyak hal - termasuk penghinaan terhadap posting Facebook oleh menteri informasi baru yang berterima kasih kepada orang-orang atas harapan terbaik mereka.

Beberapa mengumumkan boikot bir dan produk lain dari perusahaan yang terkait dengan kepemilikan bisnis ekstensif tentara.

"Kami hanya akan menerima pemerintah yang dipilih dan dengan sepenuh hati didukung oleh rakyat," kata Restoran Grill and Chill di kota utama Yangon, salah satu dari beberapa yang bergabung dalam kampanye tersebut.

Dan dalam gema protes antipemerintah selama berbulan-bulan di Thailand, dua anggota senior Suu Kyi NLD mem-posting foto diri mereka sendiri yang memberi hormat tiga jari terhadap penentangan terhadap pemerintahan militer yang diilhami oleh "The Hunger Games".

KEYWORD :

Militer Myanmar Aung San Suu Kyi Joe Biden Petugas Kesehatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :