Jum'at, 26/04/2024 07:48 WIB

Alamak, Ratusan Gadis Sukabumi Dinikahi Turis Arab

Turis asal jazirah Arab punya modus baru agar menetap lebih lama di Indonesia. Pihak imigrasi melaporkan, ratusan wanita Sukabumi, Jawa Barat dinikahi pria warga negara asing (WNA) asal negara di Timur Tengah.

Nikah kontrak (lustrasi)

Sukabumi | Turis asal jazirah Arab punya modus baru agar menetap lebih lama di Indonesia. Pihak imigrasi melaporkan, ratusan wanita Sukabumi, Jawa Barat dinikahi pria warga negara asing (WNA) asal negara di Timur Tengah.

"Memang tidak hanya WNA asal Timur Tengah yang menikahi wanita lokal khususnya Sukabumi, biasanya mereka menikahi wanita tersebut agar bisa menetap lebih lama," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Filianto Akbar di Sukabumi, Senin (17/10)

Bahkan belum lama ini, kata Filianto, pihaknya baru saja menangkap seorang pria berkebangsaan Yordania yang memalsukan surat nikah. Dalam waktu dekat yang bersangkutan akan disidang di Pengadilan Negeri Kota Sukabumi.

Modus yang dilakukan WNA ini banyak caranya selain menikahi resmi, tetapi ada juga yang nikah kontrak dan di bawah tangan atau tidak nikah secara negara.

Biasanya, WNA yang menikahi warga lokal karena memiliki usaha di Indonesia atau menghindari sanksi keimigrasian.

Namun, setelah menikahi wanita lokal mereka tetap menjadi WNA dan cukup banyak yang terdaftar di Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi.

"Jika terjadi permasalahan di kemudian hari seperti dideportasi yang rugi anak dan istrinya, beruntung jika si suaminya kembali lagi ke Indonesia dan tetap menafkahinya," ujarnya.

Filianto mengatakan kasus seperti ini tidak hanya di Sukabumi, tetapi Cianjur pun cukup banyak. Kebanyakanya WNA asal Arab mengincar warga lokal yang berada di sekitar obyek wisata seperti di Puncak Cianjur dan di Sukabumi seperti daerah-daerah wisata.

Nah, gadis-gadis harus hati-hati dengan nikah modus begini. Ant.

KEYWORD :

WNA Timur Tengah wanita nikah indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :