Sabtu, 27/04/2024 17:53 WIB

Pemerintah Harus Investigasi Tenaga Kerja Ilegal Asal Cina

Pemerintah harus segera melakukan investigasi soal maraknya pekerja asing ilegal asal Cina di Indonesia.

Ilustrasi

Jakarta - Warga Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, dibuat heboh dengan maraknya kehadiran warga China yang seliweran di sekitar tempat tinggal mereka. Diduga warga China itu adalah tenaga kerja ilegal.‎

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta agar pemerintah segera melakukan investigasi soal maraknya pekerja asing ilegal asal Cina di Indonesia. Sebab, kabar soal menjamurnya tenaga kerja asing ilegal yang masuk ke Indonesia sudah lama terjadi.

"Saya kira ini harus menjadi perhatian penting. Perlu dicek, apakah visa mereka ini visa kerja, atau visa turis," tegas Fadli, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (17/10).

Dalam kesempatan itu, Fadli meminta pemerintah segera mencabut adanya bebas visa terhadap beberapa negara. Sebab, adanya bebas visa tersebut justru berdampak buruk bagi pemerintah.

"Kebebasan visa itu justru tidak ada dampak kepada pendapatan negara kita. Karena bebas visa ini tidak berlaku sebaliknya, orang lain bebas visa ke Indoneisia sementara kita harus melalui kontrol," tegas Fadli.

Diketahui, dalam tiga bulan terakhir, warga China berseragam kerja lapangan, sering berseliweran di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Mereka mengenakan pakaian seragam kerja lapangan dari sejumlah perusahaan, yang beroperasi di Muara Jawa.

KEYWORD :

Tenaga Kerja Asing Cina Menakertrans TKA Jurnas.com




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :