Jum'at, 26/04/2024 13:38 WIB

Banyak Pemudik, Satgas Covid-19 Ingatkan Pemda Testing Warga yang Datang

Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan pemda dan pelaku pariwisata untuk testing warga yang datang.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto : Jurnas/Dok BNPB).

Jakarta, Jurnas.com- Saat libur panjang Natal dan Tahun Baru, lonjakan atau animo pemudik dan masyarakat yang ingin liburan keluar kota semakin tinggi. Satgas Penanganan Covid-19 menghimbau agar masyarakat tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat dengan tetap memperhatikan 3M (Mengenakan Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak).

Tidak itu saja, Satgas penanganan Covid-19 pusat juga meminta pemerintah daerah dan Satgas Covid-19 daerah mengantisipasi penularan virus tersebut. Caranya dengan memastikan para pelaku perjalanan yang masuk ke daerah sudah tes RT-PCR ataupun rapid test antigen.

"Pastikan juga ketersediaan ruang isolasi. Dan kami sampaikan terima kasih kepada seluruh daerah yang telah membuat surat edaran yang membatasi pelaku perjalanan," pinta Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Jumat (25/12/2020).

Termasuk juga para pelaku di sektor pariwisata agar bisa melaksanakan bersama-sama menekan penyebaran Covid-19 untuk masyarakat sehat. Karena, kebijakan pemerintah dalam melaksanakan pembatasan pelaku perjalanan merupakan upaya perlindungan kepada masyarakat sekaligus pengendalian penyebaran Covid-19.

"Perlu diketahui, jika pandemi Covid-19 dapat dikendalikan dengan baik, maka pemulihan ekonomi akan lebih cepat termasuk di sektor pariwisata,” tandas Wiku.

“Hindari kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Dan masyarakat juga dihimbau membatasi perjalanan liburan ke luar kota dan sebisa mungkin untuk tetap dirumah saja," tutup Wiku.

KEYWORD :

Satgas Covid Pariwisata Pemerintah Daerah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :