Sabtu, 27/04/2024 11:20 WIB

Menpora Minta Kembangkan Olahraga Tradisional

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta pemuda untuk ikut berperan aktif dalam melestarikan  dan mengembangkan olahraga tradisional

Logo Kemenpora

Jakarta : Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta pemuda di seluruh tanah air untuk ikut berperan aktif dalam melestarikan  dan mengembangkan olahraga tradisional di daerahnya masing-masing. Hal tersebut karena olahraga tradisional merupakan salah satu kekayaan budaya bangsa yang wajib untuk terus dilestarikan.

Permintaan tersebut disampaikan Imam ditemui usai menutup secara resmi  6th The Association For International Sport for All (Tafisa) World Games atau Olimpiade Olahraga Masyarakat 2016 di Pantai Carnaval ABC Mal Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Selasa (11/12) malam.

"Peran aktif pemuda dalam melestarikan olahraga tradisional yang meupakan warisan budaya bangsa sangat penting. Jangan sampai olahraga tradisional terpinggirkan oleh perkembangan teknologi komunikasi seperti gadget, games on line dan sebagainya," kata Imam.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Cak Iman ini mengatakan, betapa pentingnya berolahraga dalam menjaga kebugaran. Karena itulah budaya berolahraga perlu terus dijaga. Termasuk menjaga dan melestarikan olahraga tradisional. "Jangan ada rasa malu untuk melakukan olahraga tradisional karena itu adalah salah satu warisan budaya bangsa. Penting bagi semua pemuda untuk turut mengembangkan alat permainan olahraga tradisonal yang bisa dibuat modern asalkan  tidak meninggalkan bentuk aslinya," beber Imam.

Senada dengan itu, Asdep Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Ibnu Hasan yang turut mendampingi Menpora Imam Natalie saat menutup acara Tafisa 2016 menyatakan, potensi pemuda di tanah air cukup besar sehingga pengembangan dan pelestarian olahraga tradisional sudah sepatutnya dilakukan. "Sebagai generasi penerus bangsa, peran pemuda sangat penting dalam melestarikan dan mengembangkan olahraga tradisional, karena hanya dengan demikian keberlanjutan olahraga tradisional bisa terus terjaga," ujar Ibnu.

KEYWORD :

TAFISA 2016 Menpora Imam Nahrawi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :