Jum'at, 26/04/2024 13:51 WIB

Mentan Syahrul Pesen Dua Hal Ini Harus Dijaga di Tana Toraja

Kabupaten Toraja menjadi daya tarik spesial bagi masyarakat dunia yang sengaja berkunjung untuk melihat keindahan, keberagaman dan kesuburan alam.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo di Tana Toraja. (Foto: Humas Kementan)

Tana Toraja, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menilai Tana Toraja sebagai kabupaten unik yang mempunyai  kelebihan sendiri dan tidak sama dengan Kabupaten lain di Indonesia, bahkan di dunia.

Selama ini, Kabupaten Toraja menjadi daya tarik spesial bagi masyarakat dunia yang sengaja berkunjung untuk melihat keindahan, keberagaman dan kesuburan alam.

"Ada dua hal yang harus kita jaga bersama di Tanah Toraja. Pertama, mempermudah akses para turis lokal maupun internasional. Kedua, menjadikan pertanian sebagai sumber kehidupan," kata Syahrul di Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Sabtu (28/11).

Menurut Syahrul, sektor pertanian merupakan ciri sekaligus daya tarik bagi para turis yang ingin melihat kesuburan alam Toraja. Karena itu, ia memitan semua masyarakat di Toraja segera bergerak melakukan olah tanam dan budidaya ternak.

"Kalau mau memperbaiki Toraja harus dimulai dari sektor pertanian. Di sini tanah subur, mataharinya bagus dan airnya melimpah. Karena itu, saya berharap kita semua melakukan start dari sekarang," katanya.

Syahrul berharap, masyarakat Tana Toraja mau menggunakan fasilitas negara melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian, yang saat ini sudah banyak diserap, terutama oleh Provinsi Sulawesi Selatan yang menempati posisi ketiga.

"Kementan masih punya KUR 1 triliun. Silahkan dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan pertanian. Dan perlu diketahui, Sulsel adalah Provinsi penyerap ketiga terbesar, yakni 3,7 triliun. Sekali lagi silahkan dimanfaatkan," tutupnya.

Sebelumnya, mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu melakukan peninjauan di Pasar Hewan Ternak Kelurahan Tallunglipu, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan. Di sana, Mentan memantau padatnya aktivitas jual beli beragam hewan ternak, seperti Kerbau, Sapi dan Babi.

Sekadar diketahui, Kementerian Pertanian (Kementan) telah mendistribusikan bantuan sarana dan prasarana pertanian di Kabupaten Tana Toraja sebesar Rp 13,16 miliar.

Bantuan tersebut meliputi peremajaan kopi arabika, pembuatan infrastruktur pertanian, rehabilitasi jaringan irigasi, bantuan alat mesin traktor dan perangkat alsintan lainya.

KEYWORD :

Tana Toraja Kabupaten Unik Sektor Pertanian Toraja




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :