Sabtu, 27/04/2024 10:42 WIB

Operasi Zebra 2020, Polisi Berbagi Beras, Masker, hingga Nasi Bungkus

Bila terjadi kepadatan, polisi telah menyiapkan skenario rekayasa arus lalu lintas contra flow, hingga one way.

Polisi berbagi masker dan nasi bungkus buat pengendara saat Operasi Zebra 2020

Jakarta, Jurnas.com - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya (Dirlantas PMJ), Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo minta maaf kepada pengendara dan masyarakat di wilayah DKI Jakarta, terkait mengadakan operasi Simpatik dalam rangka Operasi Zebra 2020 di gerbang tol Cikunir 2.

"Bagi pengemudi yang yang merasa tersakiti oleh Polisi Lalu Lintas (Polantas), kami mohon maaf dan mudah-mudahan masyarakat mencintai Polri," ujar Dirlantas Sambodo kepada wartawan di gerbang tol Cikunir, Jumat (30/10/2020).

Operasi Zebra 2020 sendiri agak benbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena aksi ini lebih banyak melakukan edukasi yang bersifat preventif.

"Kali ini kita juga membagikan bahan pokok beras, masker, dan nasi bungkus," ujar Sambodo.

Ia juga menyebut berbagi dengan pengemudi kenderaan adalah aksi simpatik untuk membantu masyarakat terkena dampak pandemi Covid-19.

"Ada 4000 paket yang dibagikan dipintu tol Cikunir, pintu tol Tanjung Priuk, dan pintu lain wilayah DKI Jakarta," jelasnya.

Sambodo juga menyampaikan situasi perjalanan dan arus lalu lintas di DKI Jakarta relatif aman dan lancar.

Ia menjelaskan untuk truk angkutan barang dan lainnya dengan sumbu roda tiga ke atas, akan diarahkan ke luar tol dan menuju jalur arteri sesuai surat edaran Dirjen Perhubungan Darat.

“Mereka hanya dibolehkan melintasi jalur arteri. Yang melintas akan dikeluarkan ke jalan arteri di gerbang Tol Cikarang Barat,” paparnya.

Sambodo mengatakan bila terjadi kepadatan di sejumlah titik, pihaknya telah mempersiapkan skenario rekayasa arus lalu lintas diantaranya contra flow, hingga one way.

“Jika ada kecelakaan dan kemacetan dilayang elevated, kita gunakan rekayasa lalu lintas buka tutup di KM 10 untuk naik ke layang tol elevated maupun yang ke arah Cikunir,” ujarnya di sela aksi berbagi kepada pengemudi.

KEYWORD :

Operasi Zebra 2020 Covid-19 Dirlantas Sambodo Purnomo Yogo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :