Sabtu, 27/04/2024 14:21 WIB

Ini Segmen Pemilih Tiga Kandidat Pilkada DKI Jakarta

Pasangan calon gubernur Anies Baswedan-Sandiaga Uno lebih unggul di segmen pemilih berpendidikan tinggi. Sementara, pasangan petahana Ahok-Djarot lebih unggul di segmen pemilih berpendidikan rendah.

Tiga Kandidat Calon Gubernur DKI Jakarta

Jakarta - Pasangan calon gubernur Anies Baswedan-Sandiaga Uno lebih unggul di segmen pemilih berpendidikan tinggi. Sementara, pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok-Djarot Saiful Hidayat lebih unggul di segmen pemilih berpendidikan rendah atau Sekolah Dasar (SD).

Hal itu berdasarkan hasil survei yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI), di Kantor LSI, Jakarta, Selasa (4/10).

Tim peneliti LSI Adjie Alfaraby menjelaskan, sebanyak 31,2 persen warga yang berpendidikan tinggi atau setara kuliah di atasnya memilih pasangan Anies-Sandiaga.

"Sebanyak 31,2 persen kategori pernah kuliah atau di atasnya memilih Anies-Sandiaga," kata Adjie.

Sementara di posisi terakhir ada pasangan bakal calon Ahok-Djarot dengan perolehan suara 13,3 persen dari kalangan berpendidikan tinggi. Namun, di segmen pemilih lulusan SD atau di bawahnya Ahok-Djarot unggul.

"Pemilih pasangan Ahok-Djarot ditingkat kuliah di atasnya 13,3 persen. Tapi tingkat lulus SD atau di bawahnya 31,1 persen," terangnya.

Sedangkan, pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni menduduki posisi teratas dengan segmen pemilih yang pendapatannya rendah. Pasangan Agus-Sylviana memperoleh suara sebesar 21,9 persen.

Selain itu, pasangan Agus-Sylviana pun berada di posisi pertama dalam segmen pemilih usia muda. "Pasangan Agus-Sylviana diposisi teratas di segmen pemilih muda 19 tahun di bawahnya dengan suara 33,80 persen," tandasnya.

KEYWORD :

Pilkada DKI Jakarta Pilgub DKI Jakarta Ahok-Djarot Agus-Sylvi Anies-Sandi Jurnas.com




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :