Jum'at, 26/04/2024 13:51 WIB

Steven Kandouw Ungkap Tiga Sosok Berjasa di Balik Tol Manado-Bitung

Pada awalnya begitu susah meyakinkan para stakeholders terkiat proyek tol Manado-Bitung.

Tol Manado-Bitung

Jakarta, Jurnas.com - Jalan tol Manado-Bitung yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, sejauh ini merupakan jalan bebas hambatan terpanjang di Pulau Sulawesi.

Tol Manado-Bitung ini akan meningkatkan mobilitas barang dan jasa, dan tentunya akan menggerakkan perekonomian daerah.

Tanpa mengecilkan peran tokoh dan pihak lain, Calon Wakil Gubernur (Incumbent) Sulawesi Utara, Drs. Steven Kandouw mengungkap tiga sosok penting di balik keberhasilan pembangunan Tol Manado-Bitung.

Sebagai mantan anggota DPRD Sulut tiga periode, Steven Kandouw tentu paham betul bagaimana awal mula proyek tol ini digagas, dibangun, hingga terealisasi.

1. Presiden Joko Widodo
Steven Kandouw sangat berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah meresmikan jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu.

“Salut untuk pak Jokowi boleh meresmikan Tol Manado Bitung. Setelah sekian lama dinantikan oleh rakyat akhirnya proyek raksasa ini diresmikan," ujar Kandouw.

2. SH Sarundajang
Steven Kandouw juga menyebut mantan Gubernur Sulut, SH Sarundajang punya andil besar sebagai penggagas proyek tol Manado-Bitung.

“Sejak tahun 2012 blue print proyek ini sudah digagas oleh pak SH Sarundajang. Terima kasih pak Sarundajang,” ungkap Steven.

3. Olly Dondokambey
Calon Incumbent Pilgub Sulut, Olly Dondokambey, merupakan sosok yang mampu merealisasikan gagasan besar SH Sarundajang menjadi kenyataan.

Tak bisa dipungkiri, berkan sentuhan kepemimpinan dan aksi "kerja, kerja, dan kerja" Olly Dondokambey akhirnya masyarakat Sulut mendapat manfaat jalan Tol Manado-Bitung.

“Terima kasih yang sebesar besarnya juga kita harus berikan kepada pak Olly Dondokambey yang punya peran besar dan andil besar sehingga mimpi dan gagasan pak Sarundajang ini terwujud. Sebab pak Olly lah yang punya andil sehingga proyek tol ini masuk di blue book Bappenas, sebab di era beliau sebagai pimpinan Badan Anggaran di DPR-RI,” papar Steven.

Steven memahami betul bagaimna perjuangan proyek Tol Manado-Bitung sejak awal. Ia mengatakan pada awalnya begitu susah meyakinkan para stakeholders terkiat proyek tol ini.

"Mungkin banyak yang belum tahu, setelah 4 tahun disetujui oleh Bappenas, tol Manado-Bitung ini tidak diminati investor. Tangan dingin pak Olly lah yang berhasil mencari solusi pendanaan tol, sekaligus memfasilitasi pihak pelaksana untuk duduk bersama dan sepakat melaksanakan proyek tol. Sekali lagi terima kasih pak Olly Dondokambey,” pungkas Steven.

KEYWORD :

Steven kandouw Tol Manado-Bitung Joko Widodo SH Sarundajang Olly Dondokambey




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :