Jum'at, 03/05/2024 06:41 WIB

Racun dalam Air Bunuh Ratusan Gajah di Botswana

Racun dalam air yang dihasilkan oleh cyanobacteria membunuh lebih dari 300 gajah di Botswana tahun ini.

Dua gajah tewas di pinggir genangan air di Botswana

Jakarta, Jurnas.com - Racun dalam air yang dihasilkan oleh cyanobacteria membunuh lebih dari 300 gajah di Botswana tahun ini. Hal itu disampaikan para pejabat setelah penyelidikan kematian yang membingungkan dan mengkhawatirkan para konservasionis.

Cyanobacteria adalah organisme mikroskopis yang biasa ditemukan di air dan terkadang di tanah. Tidak semua menghasilkan racun tetapi para ilmuwan mengatakan yang menghasilkan racun lebih sering terjadi karena perubahan iklim meningkatkan suhu global.

Cyril Taolo, wakil direktur Departemen Satwa Liar dan Taman Nasional, mengatakan jumlah tubuh gajah yang ditemukan sejak kematian pertama kali dilaporkan pada awal Mei telah meningkat menjadi 330, dari 281 pada Juli.

"Apa yang baru kami ketahui saat ini adalah racun yang disebabkan oleh cyanobacteria," kata Taolo dilansir The National, Selasa (22/09).

Pihak berwenang akan memantau situasi selama musim hujan berikutnya, dan dia mengatakan untuk saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan satwa liar Botswana masih terancam, karena tidak ada lagi kematian yang dilaporkan.

Petugas kedokteran hewan utama departemen, Mmadi Reuben, mengatakan pertanyaan tetap mengapa hanya gajah yang terpengaruh.

Hewan lain di wilayah Okavango Panhandle tampak tidak terluka. Beberapa mekar sianobakteri dapat membahayakan manusia dan hewan, dan para ilmuwan mengkhawatirkan efeknya.

Suhu Afrika Selatan naik dua kali lipat rata-rata global, Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim mengatakan.

"Itu sama saja dengan memiliki kondisi yang tepat, pada waktu yang tepat, di tempat yang tepat dan spesies ini akan berkembang biak," kata Profesor Patricia Glibert dari Pusat Ilmu Lingkungan Universitas Maryland, yang telah mempelajari cyanobacteria.

"Kondisi ini lebih sering muncul bersamaan di lebih banyak tempat, jadi kami melihat lebih banyak bunga beracun ini mekar di seluruh dunia."

Di negara tetangga Zimbabwe, sekitar 25 bangkai gajah ditemukan di dekat taman permainan terbesar di negara itu dan pihak berwenang mencurigai mereka mati karena infeksi bakteri.

Hewan-hewan itu ditemukan dengan gading utuh, mengesampingkan perburuan dan keracunan yang disengaja.

Otoritas taman yakin gajah bisa menelan bakteri saat mencari makanan. Bangkai ditemukan di dekat sumber air.

"Kami mempertimbangkan kemungkinan cyanobacteria tetapi kami tidak memiliki bukti bahwa inilah yang terjadi di sini [di Zimbabwe] ," kata Chris Foggin, seorang dokter hewan di Victoria Falls Wildlife Trust.

Zimbabwe telah mengirim sampel ke Inggris dan sedang menunggu izin untuk mengirim sampel ke dua negara lain, kata Foggin.

Populasi gajah Afrika secara keseluruhan menurun karena perburuan, tetapi Botswana, rumah bagi hampir sepertiga gajah di benua itu, telah mengalami peningkatan jumlahnya menjadi sekitar 130.000.

KEYWORD :

Gajah Botswana Racun Air




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :