Sabtu, 27/04/2024 13:25 WIB

Dubes Sri Lanka Dikeroyok di Bandara Malaysia

Ibrahim Sahib Ansar, Duta Besar Sri Lanka untuk Malaysia, dipukuli beramai-ramai oleh kerumunan lelaki di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

Dubes Sri Lanka yang dipukuli ramai-ramai sekelompok orang./foto:youtube

Kuala Lumpur - Ibrahim Sahib Ansar, Duta Besar Sri Lanka untuk Malaysia, dipukuli dan ditendangi beramai-ramai oleh kerumunan lelaki saat berjalan pada sebuah lorong di Bandara Internasinal Kuala Lumpur, Malysia.

Peristiwa yang terjadi pada Minggu (4/9), kemarin itu memancing ketegangan dua negara. Dilaporkan oleh AFP bahwa Ibrahim mengalami luka-luka yang digolongkan ringan. Namun, perlakuan utusan resmi negara itu membuat kecewa banyak netizen yang melihat tayangan video yang telah diupoad di kanal video youtube.

Buntut dari peristiwa tersebut, Menteri Luar Negeri Sri Lanka, Mangala Samaraweera, lantas memanggil memanggil ke Colombo utusan tertinggi Malaysia, Wan Zaidi Wan Abdullah. Pihak Srilanka menuntut adanya keamanan yang memadai untuk semua misi diplomatik Sri Lanka.

Kementerian Luar Negeri Sri Lanka sangat kecewa dengan peristiwa tersebut. Mereka menyatakan kekecewaan yang sangat mendalam karena pemerintah Malaysia gagal memberikan perlindungan yang diperlukan, padahal kemungkinan ancaman itu sudah diperingatkan.

Sementara itu, pihak kepolisian Diraja Malaysia memberikan informasi bahwa keadaan sang Duta Besar masi baik, dan hanya mengalami luka ringan. Namun, kepolisian tidak memberikan keterangan detail identitas sanga penyerang, motif penyerangan serta kronologisnya.

"Lima orang telah ditangkap dan kami sedang menyelidiki motif serangan itu," kata Kepala Polisi Negara Bagian Selangor, Abdul Samah Mat.

Insiden memalukan itu sekarang diupayakan penyelesaiannya oleh Komisi Tinggi Sri Lanka di Kuala Lumpur, yang terus berkoordinasi dengan penegak hukum di Malaysia serta otoritas lokal lain yang berkepentingan.

"Itu untuk mengidentifikasi pelaku dan membantu proses penyelidikan," ujar Samaraweera.

Ibrahim Sahib Ansar adalah Komisi Tinggi Sri Lanka untuk Malaysia, yang saat itu sedang mengantar Menteri Perindustrian Sri Lanka, Daya Gamage, ke Malaysia dalam rangka menghadiri Konferensi Internasional Partai Politik Asia. Selain Gamage, mantan Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapaksa juga sedang berada di Negeri Jiran sebagai tamu undangan di acara yang sama.[]

KEYWORD :

Ibrahim Sahib Ansar Dubes Sri Lanka




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :