Jum'at, 26/04/2024 12:09 WIB

Transfer Liga Primer Terbesar Sepanjang Sejarah

Jumlah tersebut diperkirakan meningkat jika ada klub Liga Primer yang merekrut pemain sebelum periode belanja pemain ditutup pada Rabu (31/08) pukul 23.00 waktu Inggris.

Jakarta - Nilai transfer pemain tahun ini untuk klub-klub Liga Primer menjadi yang terbesar sepanjang sejarah. Hanya jelang lima hari sebelum priode transfer ditutup, sudah menghabiskan 800 juta pound atau setara Rp15,3 triliun.  Besaran belanja pemain pada musim transfer tahun ini, menurut sejumlah analis keuangan firma Deloitte, lebih besar 10 juta pounds atau Rp 174 milliar dibandingkan tahun lalu.

Jumlah tersebut diperkirakan meningkat jika ada klub Liga Primer yang merekrut pemain sebelum periode belanja pemain ditutup pada Rabu (31/08) pukul 23.00 waktu Inggris. “Sudah empat tahun berturut-turut rekor belanja dipecahkan. Ini mengejutkan mengingat masih ada satu pekan sebelum tenggat berakhir,” kata Dan Jones dari divisi bisnis olahraga dari firma Deloitte dilansir bbc.

Dia memperkirakan akan ada rekor baru karena sejumlah klub berambisi juara di kompetisi domestik dan Eropa. “Total belanja pada musim transfer kali ini sepertinya akan melewati angka 1 miliar pounds (RP 17 trilliun) untuk pertama kalinya,” ujar Jones.

Kekuatan modal klub-klub Liga Primer bertambah berkat kesepakatan hak siar televisi yang mencapai 5,1 miliar pounds atau sekitar Rp 89 trilliun. Dari dana itu, awal bulan ini Manchester United membuat rekor transfer Inggris dengan menghabiskan 89 juta pounds atau RP 1,5 trilliun untuk menggaet Paul Pogba dari Juventus.

Namun, akibat dana tersebut, beberapa manajer mengeluhkan betapa klub-klub Inggris diminta merogoh kocek lebih banyak untuk seorang pemain. Manajer Chelsea, Antonio Conte, pekan lalu mengatakan pasar transfer sudah ‘gila’ dan dia diminta “membayar 50 juta pounds atau Rp 874 milliar untuk seorang pemain medioker".

KEYWORD :

Liga Primer Sepakbola




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :