Jum'at, 26/04/2024 14:27 WIB

Pemprov DKI Jakarta Diminta Lebih Optimal Bangun Budaya Literasi

Rachmad Sadeli

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, khususnya Dinas Kebudayaan Provinsi DKI diminta untuk lebih optimal dalam mendukung pembangunan budaya literasi Betawi di kalangan generasi muda.

Demikian disampaikan Ketua Yayasan Baca Betawi, Rachmad Sadeli di sela-sela acara Lomba Baca Cerpen Betawi di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta, Minggu (09/02/2020).

Rachmad mengakui, sebelumnya pihaknya memang sudah pernah bekerja sama dengan Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) yang notabene berada di bawah Pemprov DKI Jakarta.

"Sejauh ini sih masih belum optimal kalau saya bilang, apalagi Dinas Kebudayaan yang baru ini kan baru dipisah kan, Mudah-mudahan ada sinergi kedepannya dengan dinas kebudayaan," harapnya.

Meski berharap mendapat dukungan, pihaknya tak mau bergantung kepada Pemprov DKI Jakarta. Sebab menurut dia, misi literasi adalah misi semua pihak.

"Karena kita tahu bahwa Indonesia secara literasi kurang. Kita biasanya patungan bikin acara-acara kayak begini. Saya terakhir di car free day, saya pajang buku-buku dan ada pertunjukan Betawi, itu dari urunan kita-kita," katanya.

"Karena kita pikir kalau banyak ngeluh, bikin males kan, lebih baik jangan ngeluh lah, bikin aja sesuatu, kalau didukung ya Alhamdulillah," sambungnya.

Rachmad mengungkapkan, sejauh ini Yayasan Baca Betawi sudah memiliki dua perpustakaan. Pertama, kata dia, ada di kediamannya di daerah Cilandak KKO, Jakarta Selatan.

"Udah punya 400 lebih buku tentang Betawi, Jakarta, Batavia dan sebagainya. Itu untuk umum, gratis kalau mau pinjam di situ asal datang aja dan hubungi saya," ujar Rachmad.

Perpustakaan yang kedua, lanjut dia, ada di sekretariat Yayasan Baca Betawi di daerah Kramat Jati, Jalan Kelapa Gading.

"Pengennya lebih banyak lagi perpustakaan yang dibangun, khususnya berfokus pada literatur Betawi," ujarnya.

KEYWORD :

Rachmad Sadeli Yayasan Baca Betawi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :