Sabtu, 27/04/2024 19:59 WIB

Novelis Atwood Raih Pen Pinter Prize

Novelis dan penyair, Margaret Atwood dianugerahi penghargaan Pen Pinter Prize 2016 yang khusus diberikan kepada penulis-penulis yang aktif menyuarakan kebebasan berbicara.

Novelis dan penyair, Margaret Atwood dianugerahi penghargaan Pen Pinter Prize 2016 yang khusus diberikan kepada penulis-penulis yang aktif menyuarakan kebebasan berbicara. Perempuan asal Kanada ini dikenal melalui kampanye lingkungan lewat tulisan-tulisannya.

Para juri memuji peran aktif Atwood dalam politik, dengan menyebutnya sebagai intelektual publik yang dapat dijadikan contoh. Atwood akan menerima penghargaan tersebut di British Library, 13 Oktober, di mana dia akan memberikan pidato sambutan.

Para juri mengatakan dia adalah pendukung pergerakan politik yang konsisten sekaligus mengedepankan isu lingkungan selaras dengan lingkup hak-hak asasi. Dia adalah salah satu tokoh penting dengan prinsip-prinsip yang dianut Pen dan Harold Pinter.”

Atwood berkata dia dengan rendah hati menerima penghargaan tahun ini. “Saya kenal Harold Pinter and pernah bekerja dengannya –dia menulis skenario film The Handmaid’s Tale, di tahun 1989– dan bara semangatnya melawan ketidakadilan hak-hak asasi manusia dan penindasan para seniman sangat mengesankan saat itu,” kata Atwood.

“Setiap pemenang penghargaan seperti ini mewakili ribuan orang di seluruh dunia yang menyuarakan dan bertindak melawan penindasan yang ada. Saya merasa sangat terhormat menjadi wakil tahun ini.”
Murah hati

Antonia Fraser, istri almarhum Harold Pinter, mengatakan, “Harold mengagumi Margaret Atwood lewat tiga sisi, sebagai penulis, penggerak dan seorang individu. Dia akan sangat gembira melihat responnya yang murah hati atas penghargaan ini.”

Penghargaan ini dibuat sejak tahun 2009 dalam rangka memperingati penulis naskah drama dan peraih Nobel Literatur, Harold Pinter, yang meninggal tahun sebelumnya. Setiap tahun penghargaan ini diberikan ke penulis yang menunjukkan “keinginan intelektual yang kuat … untuk mendefinisikan kebenaran sesungguhnya atas hidup kita dan masyarakat”.

Peraih penghargaan ini juga ikut memutuskan, bersama panel juri, peraih penghargaan Penulis Keberanian Internasional, yang salah satunya diraih oleh penulis non-Inggris yang pernah mengalami penganiayaan. Atwood akan mengumumkan peraih penghargaan internasional tersebut saat ini acara perayaan penghargaan Pen Prize yang akan diterimanya. (Sundari/bbc)

KEYWORD :




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :