Sabtu, 11/05/2024 11:17 WIB

Pengusaha dari Partai Nasdem Jabat Menkominfo

Johnny Gerard merupakan pengusaha yang memulai bisnisnya pada awal 1980-an di bidang alat-alat kebutuhan perkebunan.

Johnny G Plate menerima keputusan dari Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi pada Kabinet Indonesia Maju

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo menggaet politikus Partai Nasem, Johnny Gerard Plate jadi menteri komunikasi dan informasi (Menkominfo) dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

Lahir di Ruteng, 10 September 1956, Johnny Gerard merupakan pengusaha yang memulai bisnisnya pada awal 1980-an di bidang alat-alat kebutuhan perkebunan.

Sukses dalam usahanya, Johnny tertarik bergabung ke Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI), dimana ia kemudian diangkat menjadi Ketua Mahkamah PKDI pada 2013. 

Dilansir dari Wikipedia, pada masa berikutnya, Johnny pindah ke Partai Nasional Demokrat (NasDem) dimana ia kemudian diangkat menjadi Sekretaris Jenderal Nasdem.

Pada Pemilu 2014, Universitas Katolik Atmajaya ini lolos ke Senayan. Ia duduk di Komisi XI membidangi keuangan, perencanaan pembangunan nasional, perbankan, dan lembaga keuangan bukan bank di DPR RI untuk periode 2014-2019.

Tak hanya itu, ia mendapat kepercayaan sebagai Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) XI, anggota Badan Anggaran, dan anggota Badan Musyawarah DPR RI, hingga Ketua Departemen Energi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup DPP Nasdem.

Kemdian Pada 2017, ia ditunjuk oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menjadi Sekjen baru menggantikan yang lama untuk meneruskan periode 2013-2018.

KEYWORD :

Kabinet Indonesia Maju Joko Widodo Johnny Gerard Plate




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :