Sabtu, 27/04/2024 07:48 WIB

Zarif: AS Ubah Teluk Persia jadi Kotak Siap Meledek

Amerika Serikat mengubah Teluk Persia jadi kotak yang siap meledak.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif (Foto: Tehra Time)

Teheran, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, mengatakan, Amerika Serikat (AS) sudah mengubah kawasan Teluk Persia menjadi "kotak yang siap meledak" setelah menjual persenjataan ke negara-negara kawasan tertentu.

Zarif, yang melakukan kunjungan resmi ke Qatar, membuat pernyataan dalam sebuah wawancara eksklusif dengan jaringan televisi yang berbasis di Doha, Al Jazeera, pada Senin (12/6).

"AS (menjual)senjata senilai UAD50 miliar ke wilayah itu tahun lalu. Beberapa negara di kawasan dengan kurang dari sepertiga populasi kami menghabiskan USD87 miliar untuk pengadaan militer. Mari kita bandingkan; tahun lali Iran hanya menghabiskan USD16 miliar untuk semua militernya yang hampir satu juta personil," ujar Zarif.

"UEA dengan total populasi satu juta menghabiskan USD22 miliar, Arab Saudi menghabiskan USD87 miliar. Jika Anda berbicara ancaman yang datang dari wilayah tersebut, ancaman datang dari AS dan sekutunya yang mengguyur senjata di wilayah tersebut membuat kotak itu siap meledak," tambahnya.

Merujuk pada keputusan AS baru-baru ini membentuk koalisi angkatan laut untuk meningkatkan keamanan Teluk Persia, Zarif mengatakan, kehadiran lebih banyak kapal perang di wilayah tersebut hanya akan memberikan rasa tidak aman.

"Ini adalah kumpulan kecil air dan semakin banyak kapal laut asing yang ada dalam tubuh ini semakin kurang aman bagi semua orang. Berdasarkan pengalaman, keberadaan armada laut AS dan asing di Teluk Persia tidak pernah menghasilkan keamanan," kata Zarif.

"Kami memiliki kenangan menyedihkan tentang sebuah kapal AS yang menabrak sebuah pesawat Iran pada 1988 yang menewaskan 290 penumpang. Kami percaya yang terbaik yang dapat dilakukan orang AS untuk melindungi navigasi maritim adalah membiarkan orang-orang sendirian," ujar Zarif.

"Jangan campur tangan, ini adalah tindakan bermusuhan terhadap Iran dan saya tidak percaya itu akan memiliki dampak lain selain rasa tidak aman," katanya.

Dalam pertemuan dengan timpalannya dari Qatar, Mohammed bin Abdulrahman Al Thani, yang diadakan pada hari sebelumnya, Zarif dengan tegas menolak gagasan kehadiran militer asing di Teluk Persia. Ia mengatakan, langkah itu akan semakin memperumit situasi di wilayah.

AS berencana membentuk pasukan koalisi untuk melindungi Selat Hormuz dari ancaman Iran datang di tengah upaya Washington mengganggu penjualan minyak Iran sebagai bagian dari kampanye sanksi yang menargetkan ekonomi Republik Islam.

Pada 30 Juni, AS secara resmi meminta Jerman untuk berpartisipasi - bersama Inggris dan Prancis dalam koalisi, permintaan yang ditolak oleh Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas sehari kemudian.

Jepang juga menolak bergabung dengan pasukan itu, dan Prancis telah menyatakan keberatan.

Sebelumnya pada Agustus, Bloomberg juga melaporkan, upaya AS untuk membangun koalisi terus membuahkan hasil. Sementara, sekutu besarnya, Australia masih ragu-ragu untuk bergabung.

KEYWORD :

Mohammad Javad Zarif Iran Amerika Serikat Teluk Persia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :