Sabtu, 27/04/2024 03:47 WIB

Uni Eropa Kecam Penangkapan Aktivis yang Suarakan Anti Pemerintah

Nguyen Ngoc Anh, 39, dijatuhi hukuman penjara karena memproduksi dan menyebarluaskan anti pemerintah.

Facebook Inc

Vietnam, Jurnas.com - Seorang aktivis lingkungan di Vietnam yang dijatuhi hukuman enam tahun penjara karena unggahan anti pemerintah di akun Facebook mendapat penetangan dari Uni Eropa.

Pengadilan provinsi selatan, menjatuhkan hukuman enam tahun penjara kepada Nguyen Ngoc Anh, 39, karena memproduksi, menyebarluaskan, atau menyebarkan informasi dan dokumen yang bertujuan merusak negara itu.

Mengutip surat dakwaan, laporan itu mengatakan, Anh menggunakan media sosial untuk mendesak demonstrasi pada Juni dan September tahun lalu. Laporan itu tidak merinci isi dari posting tersebut, tetapi postingan itu disukai 45.000 orang dikomentari 130.000 orang.

Anh, seorang insinyur budidaya udang, ditangkap September lalu setelah ia ditemukan menulis dan membagikan posting dan video "anti-pemerintah" di akun Facebook-nya antara Maret dan Agustus tahun lalu.

Pernyataan itu mengatakan Anh juga menghasut orang lain melakuka aksi unjuk rasa pada Juni dan selama Hari Nasional Vietnam pada September tahun lalu.

Anh telah memprotes Formosa Ha Tinh Steel, sebuah perusahaan milik Taiwan, yang ditemukan pemerintah Vietnam pada tahun 2016 telah membunuh ratusan ton ikan di lepas pantai Vietnam tengah.

Ia juga secara vokal mendukung tahanan politik, menurut pernyataan Human Rights Watch yang bermarkas di New York.

Dalam sebuah pernyataan, dinas luar negeri Uni Eropa, mengatakan pihaknya mengharapkan pihak berwenang Vietnam untuk segera membebaskan Anh, serta semua blogger dan pembela hak asasi manusia yang dipenjara.

"Hak Nguyen Ngoc Anh untuk kebebasan berekspresi yang damai dijamin oleh Konstitusi Vietnam," kata pernyataan itu.

Wakil direktur Asia di Human Rights Watch, Phil Robertson, mengatakan, persidangan adalah sebuah pertunjukan untuk menakuti orang lain yang mungkin berani mempertanyakan pemerintah.

"Satu-satunya kejahatan Nguyen Ngoc Anh adalah mengutarakan pikirannya terhadap ketidakadilan dan penindasan," kata Robertson.

Facebook merupakan media sosial yang paling banyak digunakan dan berfungsi sebagai platform e-commerce dan perbedaan pendapat.

Pada Januari, Vietnam menuduh Facebook melanggar hukum setempat karena mengizinkan pengguna memposting komentar anti-pemerintah.

Bulan lalu, raksasa media sosial AS itu mengatakan, pihaknya meningkatkan jumlah konten yang membatasi akses ke Vietnam hingga lebih dari 500 persen pada paruh terakhir tahun 2018.

Seorang juru bicara Facebook menolak mengomentari persidangan hari Kamis.

Setidaknya 128 tawanan nurani kini berada di balik jeruji besi di negara komunis itu, menurut Amnesty International, dengan 10 persen dipenjara karena jabatan media sosial.

KEYWORD :

Ujaran kebencian Media Sosial Facebook Vietnam




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :