Senin, 06/05/2024 08:40 WIB

Trump Benarkan Dataran Tinggi Golan Milik Israel, Ko Bisa?

 Trump mengaku membuat keputusan cepat selama diskusi dengan penasihat perdamaian Timur Tengahnya yang utama, termasuk duta besar AS untuk Israel, David Friedman, dan menantu Jared Kushner.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump Akui Kedaulatan Israel di Yerusalem

Las Vegas - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump membenarkan pencaplokan Dataran Tinggi Golan Israel tahun 1981 setelah mendapatkan pelajaran sejarah singkat selama percakapan tentang topik yang berbeda.

Dalam pertemuan Koalisi Yahudi Republik di Las Vegas, Trump mengaku membuat keputusan cepat selama diskusi dengan penasihat perdamaian Timur Tengahnya yang utama, termasuk duta besar AS untuk Israel, David Friedman, dan menantu Jared Kushner.

"Aku berkata, Teman, bantu aku. Beri aku sedikit sejarah, cepat. Ingin cepat. Saya punya banyak hal yang sedang saya kerjakan: Cina, Korea Utara. Beri aku quickie," kata Trump kepada tawa dari kerumunan Las Vegas.

"Bagaimana Anda menyukai gagasan saya mengenali persis apa yang sedang kita diskusikan?" kata Trump, menceritakan kembali percakapan itu.

Trump, yang biasanya menuntut pengarahan singkat yang tajam dan dikenal karena menceritakan kisahnya yang penuh warna, mengatakan Friedman terkejut, "seperti bayi yang luar biasa dan cantik," dan bertanya kepada Presiden apakah ia benar-benar akan melakukannya.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengunjungi Trump bulan lalu. Pada pertemuan 25 Maret mereka, Trump menandatangani proklamasi yang secara resmi memberikan pengakuan AS atas Golan sebagai wilayah Israel.

Langkah itu, yang diumumkan Trump dalam twitt hari sebelumnya, secara luas dilihat sebagai upaya mendorong Netanyahu yang siap untuk dipilih kembali pada 9 April.

Israel mencaplok Golan dalam perang Timur Tengah 1967 dan mencaploknya pada 1981 dalam tindakan yang tidak diakui secara internasional.

"Saya pergi - `BING!` - itu selesai," kata Trump pada Sabtu (6/4) waktu setempat, menggambarkan kecepatan keputusannya. "Kami membuat keputusan cepat. Dan kami membuat keputusan yang baik."

Ketika Trump bertanya kepada orang banyak yang akan memenangkan pemilihan Israel - ada teriakan “Bibi!” Trump menjawab, "Saya pikir itu akan menjadi dekat. Dua orang baik."

Seperti diketahui, Netanyahu sedang berjuang untuk kelangsungan politiknya melawan mantan jenderal top Benny Gantz, seorang pemula politik.

KEYWORD :

Dataran Tinggi Golan Amerika Serikat Israel




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :