Minggu, 19/05/2024 06:42 WIB

Presiden Joe Biden Beri Penghargaan Bergengsi untuk Michelle Yeoh

Presiden Joe Biden Beri Penghargaan Bergengsi untuk Michelle Yeoh

Presiden Joe Biden dan Michelle Yeoh. (FOTO: ANDREW CAALLERO-REYNOLDS/AFP VIA GETTY)

JAKARTA - Michelle Yeoh menerima penghargaan bergengsi di Gedung Putih.

Pada hari Jumat (3/5/2024), aktris kawakan berusia 61 tahun itu menerima Presidential Medal of Freedom dari Presiden Joe Biden.

Dalam sambutan singkatnya, Joe Biden mengakui Michelle Yeoh telah menghancurkan “stereotip dan langit-langit kaca” selama kariernya untuk “memperkaya dan meningkatkan budaya Amerika,” dan menambahkan bahwa perannya telah “melampaui gender, budaya dan bahasa, dari seni bela diri hingga komedi romantis hingga fiksi ilmiah untuk menunjukkan kepada kita kesamaan apa yang kita semua miliki."

Michelle Yeoh “menjembatani budaya, tidak hanya untuk menghibur, tetapi juga menginspirasi dan membuka hati,” lanjut Joe Biden.

"Dan itulah yang terus dia lakukan."

Menurut Gedung Putih, penghargaan tersebut diberikan kepada orang-orang "yang telah memberikan kontribusi yang patut dicontoh bagi kemakmuran, nilai-nilai, atau keamanan Amerika Serikat, perdamaian dunia, atau upaya sosial, publik, atau swasta penting lainnya."

Penerima Presidential Medal of Freedom 2024 lainnya adalah: Mike Bloomberg, Greg Boyle, Jim Clyburn, Elizabeth Dole, Phil Donahue, Medgar Evers (anumerta), Al Gore, Clarence B. Jones, John Kerry, Frank Lautenberg (anumerta), Katie Ledecky, Opal Lee, Ellen Ochoa, Nancy Pelosi, Jane Rigby, Teresa Romero, Judy Shepard dan Jim Thorpe (anumerta).

Michelle Yeoh dikenal karena perannya dalam film seni bela diri dari awal karirnya di tahun 1980an hingga 2000an, termasuk film hits seperti Crouching Tiger Hidden Dragon, dan membintangi bersama bintang seperti Jackie Chan di dunia film Hong Kong.

Sejak itu, dia membintangi film laris dan drama di AS dan di seluruh dunia, termasuk Crazy Rich Asians, Memoirs of a Geisha, film James Bond Tomorrow Never Dies, Transformers: Rise of the Beasts dan banyak lagi.

Pada Oscar tahun lalu, ia menjadi wanita Asia pertama yang memenangkan Aktris Terbaik sepanjang sejarah upacara tersebut untuk perannya dalam Everything Everywhere All at Once.

“Untuk semua anak laki-laki dan perempuan yang mirip dengan saya yang menonton malam ini, ini adalah mercusuar harapan dan kemungkinan,” katanya saat pidato penerimaan penghargaan pada bulan Maret 2023.

“Ini adalah bukti bahwa — mimpi besar dan mimpi menjadi kenyataan."

Setelah itu, Michelle Yeoh mengatakan kepada wartawan bahwa kemenangannya tidak hanya berdampak bagi dirinya – tapi juga berdampak bagi “siapa pun yang diidentifikasi sebagai minoritas.”

“Ini sebenarnya momen bersejarah, dan saya harus berterima kasih kepada Academy yang mengakui, merangkul keberagaman, dan keterwakilan yang sebenarnya,” ujarnya saat itu.

"Saya pikir ini adalah sesuatu yang telah kami upayakan dengan sangat keras sejak lama, dan malam ini kami dengan panik memecahkan langit-langit kaca itu," lanjut aktris kelahiran Malaysia itu.

"Saya mengeluarkan Kung Fu dan menghancurkannya, dan kami membutuhkan ini karena ada begitu banyak orang yang merasa tidak terlihat, tidak terdengar," pungkasnya. (*)

KEYWORD :

Kabar Artis Michelle Yeoh Joe Biden penghargaan Asia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :